[Bookish Sunday] How to Stop Hoarding Books

20141130-124836.jpg

Halo,

Ketemu lagi di segmen Bookish Sunday. Kali ini saya akan membahas topik sensitif di kalangan bookworms, yaitu tentang bagaimana caranya menghentikan kebiasaan mengoleksi menimbun buku.

Beberapa kali saya menanyakan hal ini kepada para book blogger, baik blogger luar maupun dalam negeri. Tidak ada yang bisa memberi tips. Jawabannya rata-rata cuma nyengir atau we don’t have the answer. Saya belum pernah bertemu dengan hoarder yang sudah sembuh, jadi berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu mengingatkan diri sendiri untuk tidak menumpuk buku:

1. Plan Your Reading
Buat target membaca untuk satu bulan. Jangan membeli buku sebelum selesai membaca (juga jangan membuat wishlist sebelum timbunan habis dibaca).
Misalnya: baca 5 buku dulu baru beli 1 buku.
Jika cara ini berhasil, kamu bisa lanjut sampai timbunanmu benar-benar habis.

2. Save Money To Buy Books
Ini yang sedang saya terapkan (walau seringkali dilanggar juga sih).
Siapkan celengan atau bisa juga memanfaatkan stoples atau box sepatu yang tidak terpakai untuk dipakai menabung. Saya memasukkan uang minimal Rp. 20,000 per minggu. Anggap saja uang hilang. Jangan dipakai sebelum celengan penuh.
Kalau sudah penuh, hitung aja ada berapa tabunganmu. Habiskan sesuka hati untuk memborong buku. Setelah uang celengan habis, mulai lagi menabung untuk membeli buku.

3. Stay Away From Internet
Ini paling susah. Biasanya bookworm sering membuka situs buku, online shop buku, atau blog buku tetangga untuk membaca review dan book haul. Nah, itu setannya yang memicu kita untuk membeli banyak buku.
Coba tahan diri untuk tidak membuka situs-situs penggoncang imanmu. Kalau sudah kuat iman, boleh buka-buka lagi tapi kendalikan diri untuk tidak membeli buku. Tanyakan pada diri sendiri, apa kamu bakal suka dengan buku yang kamu taksir, kapan kamu bisa membaca buku tersebut kalau kamu berhasil membelinya. Jangan lupa untuk melirik timbunanmu. Dengar suara buku-bukumu itu, apa mereka berteriak ingin dibaca? Jika kamu punya perasaan, kamu bakal menghabiskan timbunan terlebih dahulu sebelum membeli buku baru.

Apakah tips di atas berhasil saya terapkan? Tentu saja belum. Tapi saya niat kok untuk tidak menimbun lagi. Doakan ya semoga saya berhasil.

Happy Sunday and happy reading.

image

About lustandcoffee

A housewife, a mother, a passionate literati, a writer, a tea addict & occasional traveler. I also translate some articles for a business magazine. I'm a contributor for Writer's Magz Indonesia.

Posted on November 22, 2015, in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. Mau coba ah yg bikin celengan khusus buku, apa lagi bentar lagi mau lahiran, suami mulai melirik gmn gt pas tau beli buku (lagi) bukannya beli pelengkapan buat calon baby🙂

  2. Aku nyoba yg no 1, mbak. Di BBI Joglosemar ada tantangan dari Oky untuk menghabiskan timbunan. Setelah baca 5 buku, saya memperbolehkan diri saya membeli/mendonlot 3 buku.
    Lumayan sih membantu meredam keinginan membeli buku🙂

  3. Hi..thanks banget yah buat tips diatas aku ini memang hoarder not only book but in everything I like. Tapi tips diatas berguna banget, dan aku memang suka jajan buku dan sangat sangat overprotect sama buku – buku aku. Semoga tips – tips oke diatas bikin aku lebih bisa berfikir matang dalam setiap decision yang aku pakai untuk purchase buku.

Leave a Reply

