[Bookish Sunday] Finding Time To Read

20141130-124836.jpg

Hello,

Ketemu lagi di Bookish Sunday setelah beberapa bulan vakum. Akhir-akhir ini saya sangat sibuk, terutama setelah kembali terjun di dunia kerja. Selama beberapa bulan ini, selain masih beradaptasi mengurus pekerjaan dan urusan rumah, saya juga mencoba mencari celah waktu untuk membaca. Jujur, saya sempat kelelahan hingga tidak sempat membaca. Namun, seiring berjalannya waktu, saya mulai bisa mengikuti ritme kesibukan dan akhirnya ketemu juga waktu yang pas untuk membaca.

image

How to find time to read?

Manage Your Time

Seperti halnya keuangan, waktu juga harus di-manage. Saya termasuk orang yang payah dalam hal ini dan saat ini masih belajar untuk mengatur waktu dengan baik.
Simpelnya, tentukan skala prioritas. Setelah pulang kerja, mengurus rumah tangga, anak dan suami, makan dan mandi, di sela waktu rehat sebelum tidur, saya sempatkan untuk membaca. Awalnya sulit karena saya cepat lelah dan mengantuk. Tidak masalah. Membaca 2-5 halaman sudah cukup. Bahkan, membaca sebelum tidur membantu kita untuk cepat tidur.

Set Your Goal

Setelah kamu bisa mencuri waktu secara teratur untuk membaca, tentukan goal. Awalnya saya hanya sanggup membaca 5-10 halaman per hari. Lalu meningkat jadi 20, 30, 50 hingga 100 halaman. Sekarang saya mampu membaca 100 halaman per hari (weekdays), dan 200 halaman per hari (weekends).

Stay Away From Gadgets

Ini distraksi yang paling sulit dihindari, terutama bagi pengguna aktif media sosial.
Saya masih mengalaminya juga. Satu-satunya cara adalah meninggalkan gadget di ruangan yang berbeda dengan lokasi membaca. Dengan kata lain: letakkan gadget sejauh mungkin sehingga kamu bisa membaca dengan khusuk tanpa gangguan. Dijamin kamu bisa melahap beberapa halaman tanpa terasa.

Read What You Like

Saat ini saya tidak menerima pesanan review dari pihak mana pun karena ingin berkonsentrasi menghabiskan timbunan. Dan saya memilih bacaan yang saya suka sesuai mood. Membaca tanpa beban itu sangat menyenangkan dan ketika menulis resensi, saya jadi lebih jujur dan tulus.

Join Reading Challenges

Coba cek komunitas membaca, Goodreads, atau iseng cek tagar #readingchallenge di Twitter atau Instagram. Reading Challenge memicu kita untuk menghabiskan timbunan yang nggak kelar-kelar. Tapi, sebaiknya ikuti 1 saja karena saya punya pengalaman mengikuti banyak reading challenge tapi akhirnya ga ada yang selesai. One challenge at a time. Selain memicu untuk menghabiskan TBR, kita jadi punya banyak teman baru sesama bookworm

Have fun and happy reading.

image

About lustandcoffee

A housewife, a mother, a passionate literati, a writer, a tea addict & occasional traveler. I also translate some articles for a business magazine. I'm a contributor for Writer's Magz Indonesia.

Posted on September 6, 2015, in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink. 13 Comments.

  1. thanks for sharing, mba yuska🙂
    aku juga nih, baru kerja dan kesusahan untuk balik rutin baca buku. tertinggal jauh juga target GR challengenya. hiks.

  2. Thanks for sharing. Masalah emak2 yang kerja gitu kali ya…. Saya juga ngambil waktu membaca itu pas mau tidur. Dan ya…kudu baca buku yang disuka.😀

  3. Halo mbak yuska.. Saya juga pernah vakum membaca saat kerjaan kantor gak surut2.. Sampai2 mau nulis jd binggung, seolah2 jd fakir vocab. Memang kudu diniatin karena baca sama menulis itu bagi saya sepaket🙂

  4. Aku lagi coba ngabisin satu buku nih tapi lamaaa banget, ampe bosen sendiri hehe

  5. Bagian jauhkan gadget itu bener banget, gadget dan medsos menggoda banget. Bikin waktu membaca buku yang berkualitas terganggu, soalnya di gadget(medsos), game, bbm mencuri waktu yang tadinya buat membaca. Weekdays itu paling susah menyisihkan waktu, karena siang udah capek dengan rutinitas, malam lebih milih istirahat. Ya..ya… seperti mbak yuska bilang yang penting bulatkan hati buat membaca🙂

  6. Aku biasanya terpicu banyak membaca dengan ikutan Reading Challenge, yang aku ikut cuma di goodreads. Biasanya aku juga mau agar #topreader juga nongol dilaman profileku😀 kadang kalau lagi luang dan niat aku tetapkan harus masuk top reader paling ga 20besar untuk minggu ini.

    Karena belum berkeluarga yang paling cocok untukku yaitu menjauh dari gadget dan ikut reading challenge.

  7. Ini cocok banget sama keadaan saya mbak, susah banget mau baca, sampai rumah baby nemplok terus hehe dapat separo, brenti..hiks tapi kok nimbun jalan terus ya😀

  8. saya lg sibuk, jd ya msh nimbun hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: