[Book Review] An Abundance of Katherines by John Green

image

image

image

Judul: An Abundance of Katherines (Tentang Katherine)
Penulis: John Green
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Web link: klik
Tanggal terbit: September 2014
Tebal: 320 halaman
ISBN: 978-602-03-0893-7
Format: paperback
Kategori: Fiksi
Genre: Romance, Young Adult, Friendship
Beli di: Dapat dari Santa
Kalimat pembuka:
Pada pagi hari si anak ajaib Colin Singleton lulus SMA dan ditinggalkan untuk kesembilan belas kalinya oleh gadis bernama Katherine.

image

Katherine V menganggap cowok menjijikkan.
Katherine X hanya ingin berteman.
Katherine XVIII memutuskan Colin lewat email.

Kalau soal pacar, ternyata tipe yang disukai Colin Singleton adalah cewek-cewek bernama Katherine.

Dan kalau soal Katherine, Colin selalu jadi yang tercampak. Setelah diputuskan Katherine XIX, cowok genius yang hobi mengotak-atik anagram ini mengadakan perjalanan panjang bersama teman baiknya. Colin ingin membuktikan teori matematika karyanya, supaya dapat memprediksi hubungan asmara apa pun, menolong para Tercampak, dan akhirnya mendapatkan cinta sang gadis.

image

Memang pendapat Kirkus Review tidak bohong, buku ini sangat menghibur. Coba baca saja kalimat pembukanya, ngenes banget nasib Colin.
Membaca buku ini membuat saya kembali lagi ke masa SMA, di mana kaum geeks malah lebih populer daripada jocks (karena 90% siswa di SMA saya memang kaum culun).

Adalah Colin yang cerdas dan memiliki 19 pacar yang semuanya bernama Katherine (huruf depan ‘K’ bukan ‘C’) dan, sialnya, semua Katherine mencampakkan Colin.
Yang membuat saya heran, nerds itu biasanya susah dapat pacar, tapi kenapa Colin bisa ya punya 19 pacar?

Lalu, setelah dicampakkan oleh Katherine ke-19, Colin bersama sahabatnya, Hassan, bertualang demi mencari makna hidup, juga mencari tahu perhitungan tentang hubungan percintaan. Saya yang alergi dengan matematika sempat jeda sebentar demi memahami kurva-kurvaan dan tetek bengek ilmu matematika di buku ini.

Saya memang percaya, tiap orang memiliki pola, tapi saya nggak sedetail Colin yang sampai memakai rumus. Memang Colin ini aneh.

Colin dan Hassan berhenti di suatu tempat bernama Gutshot dan mereka berkenalan dengan seorang gadis bernama Lindsey Lee Wells (Southern abis memang namanya).

Ok, stop sampai di sini kalau nggak nanti jadi spoiler.

Sesuai dengan judulnya, An Abundance of Katherines memang buku yang unik dan bisa dikatakan one in a million. Saya lebih menyukai buku ini daripada The Fault in Our Stars.
John Green mampu membuat saya, yang bukan penggemar genre Young Adult, betah membaca karyanya hingga habis.

Yang bikin saya agak kesal tentu saja kelakuan Colin yang aneh dan cenderung annoying dengan segala keanehan dan OCD-nya. Sebaliknya, Hassan yang lucu dan menyenangkan jadi terlihat lebih ‘menonjol’.

Dan… saya suka banget sama covernya. Sampai saya otak-atik keisengan bikin versi ‘orang’-nya.

image

image

Nah, sekarang saatnya saya membuka jati diri Santa yang riddle-nya sudah dipost di sini.
Mudah-mudahan bener ya… apakah benar Santa saya Non Inge? Kalau benar, ditunggu pengakuannya ya 😂😁. Terima kasih banyak sudah mengirim 2 buku keren untuk saya *kecup virtual*

Sampai bertemu di even Secret Santa berikutnya 😍

image

image

About lustandcoffee

A housewife, a mother, a passionate literati, a writer, a tea addict & occasional traveler. I also translate some articles for a business magazine. I'm a contributor for Writer's Magz Indonesia.

Posted on January 30, 2015, in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 15 Comments.

  1. hehe, dapat salam dari si kembar ZiiπŸ™‚

  2. Santa nya belum muncul ya?

  3. Hai mba’…

    Yey!! Mba’ berhasil pecahin riddlenya… Awalnya takut bakal menyulitkan, tetapi semuanya bilang mudah ya… Sebenernya ada 1 clue dikertas biru bungkus puzzle-nya mba’… Disana aku sengaja nulis huruf ZZnya sedikit beda…πŸ˜‰

    Btw, seneng rasanya mba’ suka dengan buku2nya.

  4. Penasaran bagaimana penulis mampu membuat 19 Katherine yang berbeda, dan ide gilanya. Kebetulan yang sangat mencolok mengencani 19 orang dengan nama sama, mungkin disana terlalu banyak gadis bernama Katherine.

  5. 19 Katherine? Pasti punya kepribadian yang beda2.. Colin kira-kira inget ga ya Katherine yang ini mantannya yang ke brp? hehee

  6. terus terang aku belum pernah baca karyanya John Green. Banyak temen yg rekom tapi baru punya satu dan sampai sekarang belum pernah dibaca. Tapi baca review ini kok kyaknya seru ya. beneran penasaran aku sama karakter Colin.. ada gitu ya pacaran sampai 19kali tapi selalu di putusin. kalau chara ini ada beneran di dunia nyata pasti ngenes banget deh..hehe
    harus punya deh buku ini..
    thanks mb reviewnya.. ^_^

  7. Mama ku dah beliin ini, cuma belum dikirim. Malah makin nunggu makin penasaran, betapa ngenesnya hidup si collin ini kalau dibayangin ada di dunia asli.

    makasih atas reviewnya, jadi aku tau bukunya kayak gimana buat kesananya !

    dan.. i hope.. orang yang ga suka sama matematika sepertiku bisa menikmati ABoK ini. :DD

  8. Katherine nya mirip-mirip sama Alsaka yang di Looking For Alaska ngga mba? Kayaknya ABoK lebih seru dari LFA

  9. Ngga pernah nikmatin karya John Green melalui tulisan, pasti lebih mending nonton karyanya yang diadaptasi ke layar lebar.
    Apa di buku ini tidak ada satupun quote? karena biasanya banyak para pembaca lebih tertarik jika ada (quote atau adegan yang disukai) dan langsung menambahkannya ke wishlist.
    Dan novel ini nampak sangat sempurna karena direview tidak ditulis menemukan terjemahan dengan kalimat typo dan kalimat tidak dimengerti.
    Menurut saya, review ini hanya mengulang cerita dan memberi pertanyaan atau mengkomentarinya saja.
    Mungkin review yang lain bisa lebih diperjelas agar membuat kita tertarik tapi jangan sampai spoler. terima kasih.

  10. I love John Green! Glad you like it too :)) pertama tahu buku ini dari temenku, sekitar kurang dari 2 tahun yang lalu, aku baca versi inggrisnya. Dan semenjak itu, aku jadi ketagihan baca buku-bukunya John Green (tapi paper towns belum punya tuh hmm. #kode)πŸ˜€ dan aku akui, cerita ini memang unik. Gadis-gadis bernama Katherine’s dengan cowok yang nerd banget tapi bisa punya banyak mantan itu sangat unpredictable! Love it so much =))

  11. Setuju banget, ini one in a million. Belum pernah nuh baca novel yang tokohnya cowok cupu dan suka matematika. Uniknya punya mantan pacar dengan nama sama, waspada aka buat yang namanya Katherine. Mungkin aja jadi Katherine yang ke-20 hihii atau mungkin move on dari Katherine ke Lindsey? Rumus matematika dikaitkan dengan kisah cinta? Penasaraaan! Maubdong dikirimkan juga sama SantaπŸ™‚

  1. Pingback: Lucky No. 15 Reading Challenge | lustandcoffee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: