[Bookish Sunday] Reading With Kids

20141130-124836.jpg

Halo.
Udah lama saya nggak posting Bookish Sunday karena kesibukan di dunia nyata. Sebenarnya saya sedang terjangkit reader’s and writer’s block super parah. Hampir setengah tahun saya tidak menyentuh buku karena kehilangan gairah. Tapi akhir-akhir ini saya mampu menyelesaikan bacaan dan saya kembali bersemangat untuk membaca.

Cukup dulu curhat pribadi saya.

Postingan kali ini berhubungan dengan pengalaman saya membaca bersama anak saya, AJ.

Sejak masih bayi, AJ memang sudah tertarik dengan buku. Mungkin karena tampilan fisik buku bayi yang super menarik dengan warna-warna cerah. Buku pertama yang dimiliki AJ adalah buku kain tentang hewan laut.

20141130-115156.jpg

Dia suka sekali memegang buku tersebut sambil meremas-remas pinggirannya. Saya pikir buku kain bagus juga untuk melatih fine motor skills.

Setelah AJ berusia 1-2 tahun, dia mulai mengenal tokoh-tokoh kartun dari channel Disney Junior. Saya membelikan AJ majalah Playhouse Disney dan dia suka sekali membuka lembar demi lembar sambil ngoceh-ngoceh menirukan perkataan tokoh favoritnya.

image

Pada fase ini, AJ tidak suka jika saya yang membacakan cerita. Dia lebih suka membaca sendiri sambil melatih imajinasinya. Dia juga sangat choosy dalam memilih buku bacaan. AJ hanya ingin membaca buku-buku dengan gambar tokoh kartun yang ia kenal. Saya pernah menyodorkan dia buku dengan cover binatang atau buku religi anak. AJ tidak mau menyentuh buku-buku tersebut.

Menginjak usia 3 tahun, AJ sudah memiliki tokoh kartun favorit dan spesifik. Dia sangat suka dengan Lightning McQueen dan Thomas the engine. AJ juga hanya mau membaca buku atau majalah yang berhubungan dengan kedua tokoh tersebut. Dia mulai meminta saya untuk membacakan buku dan mulai fokus mempelajari adegan dan narasi.

Setelah AJ duduk di kelas TKA, dia mulai membaca buku-buku selain Cars dan Thomas. Di sekolah, AJ belajar tentang 7 Habits of Highly Effective Kids. Setiap habit, gurunya memberikan referensi buku untuk dibaca di rumah. AJ sering meminta saya untuk membacakan buku-buku yang dulu tak mau ia sentuh. AJ juga sering memberi laporan kepada saya tentang kegiatan yang ia lakukan bersama teman-temannya di sekolah. Ia suka ke perpustakaan sambil browsing buku anak.

20141130-010148.jpg

Akhir-akhir ini AJ paling suka membaca buku tentang opposites and sorting out. Ia meminta saya untuk membacakan buku tersebut berulang-ulang. Kadang saya lelah juga harus read aloud. Kalau saya sedang capek, saya minta AJ untuk membacakan buku tersebut untuk saya.

Yang saya pelajari dari kegiatan membaca bersama anak ini adalah:
1. Anak biasanya tertarik dengan tema spesifik. Sama dengan pembaca dewasa yang memiliki genre favorit. Keponakan saya suka dengan binatang dan ia selalu memilih buku binatang untuk dibacakan.

2. Anak lebih suka dibiarkan daripada didikte. Saya pernah sok tahu membacakan buku untuk AJ tapi temanya ia tidak suka. AJ marah lalu menutup buku tersebut.

3. Membiarkan anak membacakan cerita untuk orangtua itu sangat menyenangkan. Secara tidak disadari, anak melatih kepercayaan dirinya dan orangtua biasanya bakalan surprised dengan kemampuan anak yang tidak disangka.

4. Membaca adalah cara ampuh untuk melatih bicara juga memperkaya kosakata baru. Biasanya saya biarkan AJ menunjuk gambar objek asing di buku. Jika ia tidak tahu benda tersebut lalu bertanya pada saya, saya baru beritahu.

5. Mengulang-ulang cerita membuat anak lebih matang dalam memahami konsep. Ada beberapa adegan favorit AJ yang saya bacakan berulang kali. Dia jadi lebih memahami esensi adegan tersebut. Saya suka mengulang-ulang adegan yang berhubungan dengan good habits termasuk menyayangi sesama dan suka bekerjasama.

6. Anak-anak suka cerita lucu. Saat mereka tertawa, orangtua juga tertular virus tawa. Perasaan saya sulit dilukiskan dengan kata-kata.

7. Sesi yang paling saya sukai adalah review. Saya biasanya bertanya pada AJ sambil menunjuk gambar atau adegan dalam buku. Kadang saya sengaja salah-salahkan dan membiarkan AJ menerangkan seolah ia adalah gurunya.

8. Bonding through reading. Membaca bersama anak membuat hubungan orangtua dengan anak jadi lebih dekat dan anak biasanya lebih bisa mendengarkan orangtua setelah selesai membaca.

9. Rasa ingin tahu anak juga tersalurkan dengan membaca. Biasanya semakin banyak membaca, rasa ingin tahu anak juga semakin besar.

10. Untuk kasus AJ (anak super aktif), membaca juga membuatnya jadi lebih tenang. AJ, yang biasanya melompat kesana-kemari sambil berteriak-teriak, mau duduk tenang saat membaca. Ia juga belajar untuk bisa mendengarkan orang lain, konsentrasi, dan melatih thinking skillsnya.

Saya masih dalam proses menjadikan membaca sebagai kebiasaan dan kebutuhan untuk AJ. So far ia sangat menikmati sesi membaca. Menurut saya, membaca membuat anak dan orangtua saling belajar dan dampak positifnya bisa terlihat dalam waktu singkat.

20141130-011700.jpg

Reading is super fun.

Happy Sunday

20141130-121357.jpg

About lustandcoffee

A housewife, a mother, a passionate literati, a writer, a tea addict & occasional traveler. I also translate some articles for a business magazine. I'm a contributor for Writer's Magz Indonesia.

Posted on November 30, 2014, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. Postingan ini bicara dari pengalaman. Nice!
    Moga segera selesai ya reader’s blocknya & aktif lagi utk baca & bloggingnya mb yuska!πŸ™‚

  2. jadi pengin dibacain buku sama AJ, nih!!πŸ˜€

  3. Tapi kadang capek juga ya mbak kalo diminta membacakan buku yang sama terus-menerus. Penalaman dari ponakan >.<

  4. Jav mah suka ga mau klo dsuruh cerita ulang😦

Leave a Reply

