Staying Strong: 365 Days a Year Project Day 2

20140101-035055.jpgSaya tidak sempat meng-update blog karena ada kesibukan lain yang menguras pikiran dan tenaga. Yup, saya sedang merevisi novel saya yang mudah-mudahan bisa segera dirilis dalam waktu dekat. Dan, percayalah, proses revisi itu bikin saya jadi ingat waktu menyusun scientific writing sewaktu kuliah dulu.

Cukup ah curcolnya, hehehe. Di hari kedua ini, refleksi saya adalah sebagai berikut:

One’s destination is never a place, but a new way of seeing things. – Henry Miller

Saya pernah diberikan kesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat indah, baik di dalam maupun luar negri. Pada saat itu, saya agak jor-joran, memikirkan kesenangan saja selama traveling.

Saat ini, saya berada di dalam keadaan di mana saya tidak bisa bepergian jauh apalagi dalam waktu yang lama. Saya harus mengurus suami, anak dan rumah. Boro-boro ke Bandung atau, katakanlah, daerah Kota tempat dulu saya suka ngelayap untuk mencari makan waktu malam. Untuk ke mall saja agak sulit.

Padahal dulu saya sering melakukan impulsive traveling. Tiba-tiba meluncur ke airport sepulang kerja dan terbang ke Bali untuk menghabiskan weekend di kala penat.

Saya sering mengeluh, betapa saya merasa seperti berada di dalam tahanan, tidak bisa bebas pergi kemana saja saya suka, dan saya harus rela menjadi makhluk maya yang beredar di social media untuk bersosialisasi. Pathetic.

Saya sering diajak oleh ibu mertua saya mengunjungi panti werdha, karena beliau melakukan pelayanan di sana. Hati saya mencelos melihat opa-opa dan oma-oma yang tinggal bersama di tempat itu. Entah kemana anak-cucunya. Ada yang memilih untuk tinggal di sana, ada juga yang terpaksa karena anaknya tidak ingin repot mengurus orangtuanya. Ada juga yang tidak memiliki anak dan tidak pernah menikah, lalu terpaksa tinggal di sana.

Beberapa kali juga saya mengunjungi panti asuhan. Seperti kita tahu, anak-anak di panti asuhan tidak memiliki orangtua. Atau memiliki orangtua tapi keadaan membuat mereka berada di sana. Pastinya mereka juga jarang bepergian, melihat tempat baru, apalagi ke Bali atau liar negri. Bisa dikatakan hampir mustahil.

Saya sadar saya sering tidak bersyukur dengan keadaan saya. Tuhan sudah memberikan begitu banyak kebahagiaan pada saya, namun saya merasa kurang.

Sekarangpun, di kala saya tidak bisa bepergian, saya bisa membaca buku atau menonton TV kabel dengan variasi program. Saya terhibur, sekaligus belajar tentang hal baru. Saya masih memiliki orangtua lengkap (Puji Tuhan), ada ibu mertua yang menyayangi saya. Adik-adik saya juga begitu baik dan penuh perhatian. Suami saya juga menyayangi saya, siap membantu pekerjaan rumah tangga jika ART mudik, hehehehe. Dan, my biggest accomplishment, adalah anak saya, malaikat kecil yang super aktif, yang membuat saya sibuk setiap hari melarang ini-itu, mengomel, memeluk dan menciuminya tanpa penah bosan.

Mungkin saat ini saya tidak seberuntung orang-orang lain yang bebas pergi ke mana saja, namun kehidupan saya tidak miskin. Saya beruntung, dan saya harus bersyukur akan itu. (OK, sekarang saya malah jadi mellow ga keruan).

Jika kita sudah diberi berkat cinta, apalagi yang mau dicari?

Happy Friday dan semoga semua yang membaca postingan ini juga diberi kelimpahan cinta dan kasih sayang :’)

BTW (Back to Work).

20131128-083529.jpg

About lustandcoffee

A housewife, a mother, a passionate literati, a writer, a tea addict & occasional traveler. I also translate some articles for a business magazine. I'm a contributor for Writer's Magz Indonesia.

Posted on January 3, 2014, in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

