Meet the Author: Sefryana Khairil @Gagasmedia

20130819-105102.jpgmeet_the_authsefry

Seperti janji saya kemarin, hari ini kita akan berbincang sedikit mengenai novel Tokyo: Falling di balik layar bersama Sefryana Khairil.

Simak wawancaranya berikut di bawah ini.

tokyo

 

Kenapa memilih Tokyo sebagai setting untuk novel serial STPC ini?

Sebenarnya, nggak kepikiran bakal nulis Tokyo, tapi pilihannya hanya ada itu. Bingung juga sih pas ditawarin. Belum kebayang mau nulis apa tentang Tokyo. Tapi, aku merasa tertarik banget karena ini hal baru buatku. Selama ini kan aku nulis latarnya di Indonesia dan lebih banyak ngambil tempat di Jakarta,

Bagaimana cara Sefry menciptakan karakter Thalia dan Tora? Apakah keduanya murni karakter rekaan atau ada inspirasi dari tokoh nyata?

Campuran antara nyata dan rekaan. Hihihi.

Ide tokoh Thalia itu muncul pas ketemu anak kecil, namanya Thalia (namanya aku pinjam. :p). Aku kepikiran mau nulis tokoh yang kekanakan, bawel, agak polos, dan punya ego cukup besar.

Kalau tokoh Tora, aku terinspirasi seorang teman. Dia wartawan dan fotografer lepas. Orangnya cuek dan santai, termasuk penampilan. Waktu ketemu dan ngobrol, aku jadi tertarik menggabungkan karakter seperti ini dengan Thalia. Jadilah tokoh Tora. Profesi, gaya, dan karakter dari teman aku itu, selebihnya aku kembangin sendiri.

Thalia kan suka motret, Sefry juga hobi fotografi. Apakah tokoh Thalia gambaran Sefry sendiri?

Bukan. Mungkin karena aku suka motret dan konflik utama Tokyo ada pada lensa kamera, jadi yang keluar dari kepalaku hal-hal tentang fotografi.😀

Berapa lama proses penulisan novel ini?

Proses penulisannya satu bulan. Revisi satu bulan. Risetnya yang lama sampai tiga bulan. Jadi proses penulisannya kira-kira lima bulan.

Bisa diceritakan proses riset novel Tokyo: Falling secara singkat?

Sebelum menulis, biasanya aku ngumpulin data-data dulu. Untuk Tokyo aku ngumpulin data dari internet, buku panduan traveling, peta jalur kereta dan jadwal kereta di Tokyo, video-video dari YouTube, juga kebetulan ada teman di Tokyo yang bisa aku tanya-tanya. Baru setelah itu terkumpul, aku mulai nulis.

Setelah selesai nulis, aku kasih naskah ke teman aku di Tokyo, buat ngecek lokasi dan detailnya. Terus aku minta bantuan Yoana Dianika (penulis Last Minute in Manhattan) buat koreksi bahasa Jepang. Kebetulan dia dari Sastra Jepang (makasih ya, Yo).

Apa yang Sefry sukai dari Tokyo?

Buatku, Tokyo itu romantis. Romantis yang manis, seperti di manga-manga ataupun drama-drama Jepang. Tokyo secara keseluruhan aku suka, salah satunya transportasi. Kalau ada rezeki dan kesempatan, aku mau ngerasain nyebrangin laut ke Odaiba naik Yurikamome kayak Tora dan Thalia. Amiiin.😀

Ada kejadian menarik selama proses penulisan novel Tokyo: Falling?

Ada. Pas pertengahan nulis, aku sempet kena writer’s block dua minggu karena belum dapet feel cerita. Aku nonton film-film Jepang. Dengerin lagu-lagu Jepang. Makan masakan khas Jepang. Sampai ngobrol sama orang Jepang. Pas udah merasa kebawa aura Jepang :p, baru lanjutin nulis lagi.

Seandainya Tokyo: Falling difilmkan, siapa yang cocok untuk memerankan:

Hmm…

Thalia: Michelle Ziudith

Tora: Ario Bayu

Cocok nggak sih? :p

Cocok kok, hehehehe. Apa proyek selanjutnya yang akan Sefry kerjakan?

Aku sedang menulis naskah domestik drama yang latarnya juga di luar negeri. Amerika, tepatnya.

Punya lagu favorit yang bisa didengarkan ketika membaca novel Tokyo: Falling?

Lagu-lagu Ayumi Hamasaki. Yang paling favorit judulnya Progress.

Terima kasih banyak atas waktunya untuk menjawab 10 pertanyaan dari saya ^^ Ditunggu karyanya ya, Sef.

Oiya, yang mau mendapatkan novel Tokyo: Falling, bisa ikutan kuisnya di sini

Selamat hari Kamis ^^

20131105-024143.jpg

About lustandcoffee

A housewife, a mother, a passionate literati, a writer, a tea addict & occasional traveler. I also translate some articles for a business magazine. I'm a contributor for Writer's Magz Indonesia.

Posted on November 21, 2013, in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. trims sharingnya mbak, nambah ilmu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: