[Gagas Debut Tour] Meet the Author: Eve Shi @Gagasmedia

GD2

atkh

Ketemu lagi dengan segmen Meet the Author dalam rangkaian Gagas Debut Tour. Setelah kemarin saya mereview buku Aku Tahu Kamu Hantu, maka hari ini Lust and Coffee berkesempatan untuk bertanya-tanya pada penulisnya, Eve Shi, tentang proses kreatif dan proses pembuatan novel Aku Tahu Kamu Hantu. Simak wawancara Lust and Coffee dengan Eve Shi berikut ini.

eveshi

Bisa diceritakan dari mana dapat ide untuk novel Aku Tahu Kamu Hantu?

Ide dasarnya sederhana: anak perempuan yang tahu-tahu mendapati dirinya bisa melihat makhluk halus. Dari situ saya mengembangkannya menjadi ramuan kisah drama dan horor.

Kenapa Eve memilih genre horor untuk novel debutnya di GagasMedia?

Waktu itu saya mendengar Gagas Media berencana merambah genre horor di tahun 2013. Genre horor salah satu kesukaan saya, meski sebelumnya saya belum pernah menulis satu novel horor utuh. Kalau niat muluknya, saya ingin coba menyumbangkan novel horor yang premis dan judulnya tak terlalu bombastis pada khasanah perbukuan Indonesia.

Berapa lama proses penulisan novel ini?

Satu bulan, sebab diberi tenggatnya satu bulan. Tapi selanjutnya mungkin saya menulis lebih lambat, sebab menulis novel sampai rapi, bukan first draft yang masih semrawut, dalam sebulan itu capek sekali.

Satu kata yang bisa mendeskripsikan novel Aku Tahu Kamu Hantu:

Tekad. Tekad Liv untuk menuntaskan masalah dan ketidaknyamanan yang ditimbulkan ‘bakat’nya itu.

Berapa lama Eve melakukan riset untuk novel ini?

Riset dilakukan sambil menulis. Sisanya dilakukan sambil mengedit.

Apa saja yang dilakukan Eve ketika riset?

Bertanya pada teman yang guru SMA, mengamati tren Kpop, karena hallyu wave sedang mewabah termasuk di Indonesia. Ada yang bilang novel harus timeless, tapi saya juga percaya novel bisa jadi dokumentasi zamannya ditulis, dalam hal ini (sebagian) budaya pop tahun 2012.

Ada pengalaman menarik selama proses penulisan novel ini?

Saya jadi tahu, mendengarkan lagu-lagu yang sudah disukai lebih memperlancar proses menulis daripada mendengarkan lagu-lagu baru. Kalau ini bisa disebut menarik, sih.

Menurut kabar, beberapa orang ‘diganggu’ ketika membaca novel ini. Apakah Eve juga diganggu selama proses penulisan?

Tidak.

Apa proyek novel selanjutnya yang akan Eve kerjakan?

Untuk novel kedua, yang sedang diedit, temanya adalah apartemen bermasalah.

Ada tips singkat untuk penulis yang ingin mengirim naskahnya ke GagasMedia? Apa saja yang harus diperhatikan?

Tips umum untuk mengirim naskah ke semua penerbit: Hal teknis seperti tatabahasa dan ejaan yang rapi harus diperhatikan. Biar novelmu asyik, kalau penulisannya kocar-kacir, editor pasti antipati duluan. Naskah juga sebaiknya disesuaikan dengan segmen pembaca yang biasa dituju penerbit.

Terima kasih banyak atas waktunya untuk menjawab 10 pertanyaan dari saya ^^

JIA-PR

Sampai ketemu besok untuk menganalisa karakter dan tidbits novel Aku Tahu Kamu Hantu.

20131027-023812.jpg

About lustandcoffee

A housewife, a mother, a passionate literati, a writer, a tea addict & occasional traveler. I also translate some articles for a business magazine. I'm a contributor for Writer's Magz Indonesia.

Posted on November 2, 2013, in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. ueeeeee sugeee. Aku pertama kali tahu mbak Eve Shi ini dari situs nanowrimo bagian Indonesia, dia kordinatornya dan sukanya lit mandarin gitu, langsung masuk daftar manusia unik :3

  2. wooo Kak Eve Shi ini termasuk berani juga ngambil genre horor buat debutnya. Secara kan biasanya orang-orang cari aman ngambil genre romance yang udah mainstream banget di kalangan pernovelan. Patut diacungi jempol deh! *thumbs up*😀

  1. Pingback: Virtual book tour Gagas Debut, 2-4 November 2013 » Eve Shi

Leave a Reply

