Meet the Author: Lia Indra Andriana @penerbitharu

lia-author copy

Haloooo,

Selamat hari Senin. Ketemu lagi di segmen Meet the Author. Kali ini Lust and Coffee berkesempatan untuk ngobrol-ngobrol dengan penulis Good Memories yang bukunya baru saja dirilis. Good Memories ini bercerita tentang Maya yang harus menempuh pendidikan di Korea, sementara pacarnya, Alva, kuliah di Jakarta. Untuk review lengkapnya bisa dibaca di sini.

Apa saja yang Lia akan share seputar pembuatan novel Good Memories? Simak aja wawancara berikut ini🙂

18589068

Bisa diceritakan dari mana dapat ide untuk novel Good Memories?

Saya sempat mengikuti kelas bahasa Korea di Seoul selama tiga bulan. Selama tiga bulan tersebut, banyak sekali pengalaman yang saya alami bersama teman (pengalaman ini juga ada di dalam buku non fiksi berjudul (Not) Alone in Otherland yang saya tulis bersama 2 penulis lain: Fei dan Andry Setiawan… sekalian promo yah hehe).

Ide awal saya dapatkan dari mengamati teman-teman sekelas. Ada dua teman saya yang cukup menarik perhatian: seorang cewek yang tinggal kelas dan seorang cowok yang ditawari naik ke tingkatan kelas berikutnya tapi menolak. Itulah awal mula idenya.

 

Apa saja yang Lia lakukan sewaktu melakukan riset?

Sebagian besar kegiatan yang tertuang di Good Memories memang saya alami: makan malam bersama, tentang kerja part time, piknik, dll… jadi risetnya nggak terlalu susah. Namun saya cukup harus kerja keras untuk mencari tahu tentang sifat pemuda Prancis dan latar belakang kebudayaannya. Saya banyak membaca artikel dan blog tentang orang Prancis, juga apa-apa saja yang mereka lakukan di waktu senggang dan pemikiran mereka akan orang Asia. Saya juga menonton beberapa video orang Prancis supaya bisa membayangkan gesture Luc.

 

Berapa lama proses penulisan novel ini?

Sekitar 2 bulan + revisi 1 bulan

 

Ide untuk merekam kenangan dengan kamera polaroid itu unik banget. Kok bisa kepikiran untuk memasukkan ide ini?

Saya harus berterima kasih pada salah satu teman sekelas saya untuk ini. Teman ini senang sekali membawa kamera polaroid ke kelas. Apalagi di Korea penjual kamera polaroid banyak banget. Saya sempat pengin banget beli, tapi akhirnya batal karena biasanya saya suka angin-anginan… kalau sudah beli belum tentu dipake.

 

Jika novel Good Memories difilmkan, siapa yang cocok untuk memerankan:

Maya: Gita Gutawa. Sejak awal nulis, yang ada di kepala saya adalah penyanyi ini

Alva: Derby Romero atau Rezky Aditya (aaaargh sebenernya saya agak kurang update sama seleb Indo hoho)

Luc: Cody Christian (pemain Mike Montgomery di Pretty Little Liars)

Yujin: Park Gyuri-Kara

Ahn sonsaengnim: Kim Nam Ju

 

Ada pengalaman menarik selama proses penulisan novel ini?

Hm… apa yaaah. Saya cuma inget saya ganti Bab 1 sampai 3x gara-gara merasa nggak oke (meski akhirnya kembali ke tulisan pertama) dan rombak alur beberapa kali.

 

Bisa share playlist yang Lia dengarkan ketika menggarap novel ini?

Sebenarnya, saya justru kurang bisa menulis jika mendengarkan musik. Meski bisa, tapi saya akan lebih cepat menulis dalam keadaan benar-benar hening.

 

Bagaimana cara Lia membentuk karakter dalam Good Memories? Apakah semuanya fiktif atau berdasarkan karakter orang yang benar-benar ada?

Karakter Maya dan Alva benar-benar fiktif. Kalau ada orang seperti Maya atau Alva saya pasti bisa gregetan sendiri. Kalau Luc… alasan saya membuat karakter Prancis karena (lagi-lagi) dari teman di kelas bahasa Korea. Saya menggabungkan karakter dari 2 orang Prancis yang saya kenal: outgoing dan banyak teman, pinter ngomong (atau nggombal :P) dan nggak malu kalau pakai kosmetik.

 

Apa proyek novel selanjutnya yang akan Lia kerjakan?

Saat ini sedang mengerjakan Oppa&I 3 bersama Orizuka. Dijadwalkan akhir tahun ini terbit.

 

Ada tips singkat untuk penulis yang ingin mengirim naskahnya ke Penerbit Haru? Apa saja yang harus diperhatikan?

Langkah awal adalah memperhatikan ketentuan yang sudah ada di website penerbit, lalu sesuaikan genre dengan yang sudah Haru terbitkan selama ini.

 

Terima kasih banyak Lia, untuk wawancaranya yang menyenangkan.

Masih ada waktu untuk yang ingin ikutan giveaway berhadiah novel Good Memories bertanda tangan Lia. Bisa di check di sini.

Good luck ^^

20130923-121453.jpg

About lustandcoffee

A housewife, a mother, a passionate literati, a writer, a tea addict & occasional traveler. I also translate some articles for a business magazine. I'm a contributor for Writer's Magz Indonesia.

Posted on October 6, 2013, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. WOW, pernah ikut kelas bahasa korea di seoul? Aku malah belum pernah ke korea. Mungkin suatu saat nanti bisa ^.^

    Ternyata, idenya dari kisah nyata juga. Hmm.. menarik juga.Tapi, karena saya belum baca novelnya, jadi saya nggak tau juga deh visualisasi yang tepat yang mana. Habis, visualisasinya Mbak Yuska sama Mbak Lia beda. Tapi, dua-duanya saya tahu satu hal, kalo si Luc itu pasti ganteng. Bener kaan? *YESS!*

    Lain kali, ngobrol lagi ya, Mbak ^.^

    Salam hangat,

    Nanda Febri
    @milo389
    febrifebruary03@gmail.com

  2. Waah, berarti benar tebakan saya yang saya tulis di review mbak Yuska =)) hahaa

    Wiih, oppa&i dibuat seri ke 3, yippie \^o^/
    terlanjur suka sih sama oppa&i, jadinya nunggu banget seri ke 3 nya ^^

Leave a Reply

