[Book Review + Giveaway] Good Memories by Lia Indra Andriana @penerbitharu

book_info

18589068

Judul: Good Memories
Seri: Hi! Kwangdae
Penulis: Lia Indra Andriana
Penerbit: Haru
Terbit: September 2013, Cetakan Pertama
Tebal: 336 halaman
ISBN: 9786027742222
Kategori: Novel Fiksi
Genre: Young Adult, Romance
Dapat dari: Penerbit Haru, copy untuk reviewer
Bisa dibeli di: Yes24 Indonesia Harga Rp. 41.650
Kalimat pertama:
Maya, cewek berumur 19 tahun itu mencoba menajamkan matanya untuk membaca pengumuman pembagian kelas baru yang ditempel di salah satu dinding luar auditorium kampusnya.

book_blurb

“Tiga bulan lagi, di waktu dan tempat yang sama, aku akan mengevaluasi apakah kau layak diberi tambahan kupon pertemanan.”

Saat banyak orang berharap bisa kuliah di luar negeri, Maya malah rela melakukan apa pun agar bisa meninggalkan Kwanghan University dan kembali bersama kekasihnya, Alva, di Indonesia. Sayangnya semua tidak semudah itu.

Seakan hidupnya sekarang belum cukup rumit, Maya harus menghadapi Luc, teman sekelasnya, seorang pria berkebangsaan Prancis yang terang-terangan menyatakan suka kepadanya.

Luc bahkan tidak keberatan hanya menjadi teman Maya setelah mendapatkan kupon Friendvitation buatan gadis itu.

Ketika kupon Friendvitation yang Maya berikan kepada Luc telah expired, akankah Maya memperpanjang masa berlaku kuponnya? ataukah Maya akhirnya akan kembali kepada Alva dan melupakan semua yang terjadi di Korea?

“Inikah cinta? Membuatmu rela melakukan tindakan bodoh yang tak masuk akal?

thoughts

Seri Hi! Kwangdae terbitan Penerbit Haru pertama yang gue baca. Ceritanya ringan. Tentang seorang gadis bernama Maya yang belajar bahasa Korea di Kwangdae (Kwanghan Daehakkyo) dan terpaksa harus menjalankan LDR dengan pacarnya di Indonesia, Alva.

Karena Maya sakit, ia tidak dapat mengikuti ujian akhir level 2. Terpaksa ia harus mengulang kelas yang sama, dan harus beradaptasi dengan guru dan teman-teman baru. Seperti kebanyakan cewek Indonesia (atau mungkin Asia), Maya sering menggunakan hp di kelas untuk berkomunikasi dengan Alva, sehingga menyebabkan nilai afektifnya buruk.

Ketika Maya mendapat pesan dari adiknya, Rani, ia mendapat ide untuk membuat ‘Good Memories Project’. Maya bertekad untuk mengukir kenangan bersama teman-temannya karena ia, dengan PDnya, merasa waktunya di Korea semakin sempit karena ia yakin ayahnya akan memintanya pulang ke Indonesia. Maya menjadi dekat dengan Luc, cowok bermata hazel asal Prancis yang ceria dan memiliki pribadi hangat dan menyenangkan (sangat nggak Prancis banget). Kebetulan di kelas, Ahn sonsaengnim meminta murid-murid kelas tersebut untuk membuat PR kupon menarik. Maya akhirnya membuat kupon berisi Friendvitation dengan masa berlaku tiga bulan, berhubungan dengan proyek Good Memories-nya itu. Karena tidak ada yang berminat, maka Luc yang kasihan dengan Maya, bersedia untuk menjadi temannya selama tiga bulan.

Sudah bisa ditebak kemana arah pertemanan mereka ini.

Lalu, kabar buruk menimpa Maya. Karena nilai-nilainya jauh dari memuaskan, ayah Maya tidak mengijinkan Maya pulang sebelum lulus S1. Tentu Maya bingung dengan keputusan ayahnya, dan sedih, karena Alva juga memberi ultimatum tentang status hubungan mereka berdua (what a jerk).

Maya berusaha untuk bisa pulang cepat dengan ingin naik tingkat lebih cepat. Luc yang seharusnya berada di level 3 menolak naik tingkat, dan Maya bersedia menggantikannya. Namun, Maya gagal ujian naik tingkat, membuatnya harus tinggal di level 2.

Maya yang merasa diberi ide oleh Luc, mulai gigih untuk mencari pekerjaan part-time untuk membeli tiket pulang ke Indonesia. Namun, ternyata tidak mudah mencari pekerjaan di sana, apalagi Maya masih berbicara dengan bahasa Korea yang terbata-bata.

Di tengah pencarian kerja part-time, Luc mengungkapkan isi hatinya pada Maya, yang disambut dengan ketidakantusiasan dari pihak Maya tanpa ada penyelesaian yang jelas (memang sudah sifat Maya kalau ia tidak mampu bersikap tegas terhadap laki-laki).

Di tengah kekalutannya mencari pekerjaan, Maya juga dihadapkan pada dua pilihan: kembali ke Indonesia dan mengorbankan studinya atau meninggalkan Alva dan fokus pada pendidikannya, sesuai dengan harapan ayahnya.

Well, untuk mengetahuinya tentu kamu harus membaca buku ini🙂

Yang pasti, konflik di novel ini diramu cukup baik dan asik untuk dinikmati, walau gue gemes setengah mati dengan Maya karena entah apa yang ia lihat dari Alva yang hanya memanfaatkannya untuk membeli barang-barang untuk Stella, his so-called best friend.

Gue suka dengan cover buku ini yang girlie banget dan mewakili isi cerita. Warnanya pastel, terkesan lembut namun eye-catching. Ilustrasi di dalam buku juga lucu dan khas Haru banget.

Setting tempat di novel ini fiktif, namun terasa real, apalagi ada peta dan ilustrasi tempat-tempat penting di bagian belakang novel. Liur gue menetes ketika membaca tentang adegan makan-makan samkyeopsal, tteokbokki, juga minuman soda Korea.

Novel ini manis dan romantis, namun nggak mendayu-dayu. Walau di bagian awal agak lamban dan rada dragging, gue sangat terhibur dengan perkembangan cerita, alur, juga gaya bertutur Lia yang mengalir.

Sayang, penggambaran daerah-daerah di Korea seperti Itaewon, dan lain-lain kurang dideksripsikan secara detil, sehingga gue kurang bisa merasakan suasana khas di sana. Gue belum pernah ke Korea, jadi gue mengharapkan penulisnya bisa menggambarkan suasana khas di sana. Jadinya, gue harus googling untuk mendapat gambaran dan berimajinasi tentang suasana di Itaewon.

Yang agak mengganggu juga penggunaan kalimat ‘egois sekali rasanya jika…’ Gue sering menemukan kata/ungkapan egois ini. Kalau satu, dua kali nggak masalah. Jika terlalu banyak jadi terasa mengganggu.

Yang paling menarik dari novel ini adalah idenya, yaitu mengukir kenangan. Sederhana namun cukup kuat dan nempel pada ingatan.

character

maya

Maya: anak orang berada yang tidak menghargai pemberian orangtuanya. Kerjanya bukannya belajar atau mencari pengalaman baru, namun ia sibuk download film atau menonton video streaming. Ia juga tidak bisa bersikap tegas dengan Alva yang memperlakukannya semena-mena. Dan, kelakuannya di kelas dengan sering memakai hp dan tidak menyimak pelajaran juga seolah-olah menganggap enteng pelajaran yang diberikan. Jadi, tinggal kelas dan kartu kredit yang diblokir ayahnya adalah hukuman yang setimpal untuknya. Namun, Maya sangat gigih ketika mencoba mencari lowongan kerja part-time demi membeli tiket pulang ke Indonesia, demi kekasihnya yang nggak worth-it, Alva.

Kevin-Julio-14

Alva: Ok, gue mau curhat pribadi sedikit. Gue dua kali memiliki pengalaman buruk dengan cowok bernama Alva. Kurang lebih, gambaran sosok Ava seperti di buku ini sama dengan yang gue alami kok. Entah ini hanya kebetulan atau memang berdasarkan riset penulis. Kalau ada judul film There’s Something About Mary, mungkin harus dibuat film dengan judul There’s Something Wrong with Alva. No offense, ya, untuk Alva-Alva yang lain. Seperti apa sih sosok Alva ini? Cukup diwakili dengan satu kata saja: bully.

luc

Luc: Pas membaca bagian perkenalan karakter di bab awal, penulis menjelaskan bahwa Luc adalah cowok asal Prancis. Mau nggak mau gue teringat dengan Luc Besson, sutradara film action terkenal asal negeri wine tersebut. Menurut Lia, Luc digambarkan hangat, rame, ramah, juga kelihatan live life to the fullest. Agak berbeda dengan mitos cowok Prancis pada umumnya sih yang kalem, agak snotty juga romantic freak. Namun, ada sedikit kesamaan Luc dengan tipe cowok Prancis pada umumnya, yaitu suka didekati cewek dan dicemburui. Satu lagi tipikal cowok Prancis yang melekat pada Luc, yaitu suka bersolek alias agak feminin.

quotes

Dalam berpacaran, sedikit jarak itu bagus. (hal. 20)

Dianggap tidak becus itu sangat menyakitkan. (hal. 35)

Kupikir berteman adalah hal yang gampang, tak kusangka sesusah ini.(hal. 59)

Makan selalu bisa membuat suasana hati membaik. (hal. 166)

Pada umumnya, wanita akan takluk pada pujian. (hal. 167)

20130908-081724.jpg

Need a Second Opinion?

Ini Bacaan Ira Review
Oky dan Buku Review

GA

Mau dapetin 1 buah novel Good Memories edisi tanda tangan penulisnya? Syaratnya mudaaaaah dan gampaaaang. Isi saja Rafflecopter di bawah ya. Periode giveaway ini mulai tanggal 4 Oktober – 21 Oktober 2013.

a Rafflecopter giveaway

Good luck ^^

20130923-121453.jpg

About lustandcoffee

A housewife, a mother, a passionate literati, a writer, a tea addict & occasional traveler. I also translate some articles for a business magazine. I'm a contributor for Writer's Magz Indonesia.

Posted on October 4, 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 51 Comments.

  1. aahh, mau banget dapat novel ini mba :”) gemes banget pastinya sama Maya, dan pasti jatuh cinta sama Luc😀
    Aku kan gampang banget berimajinasi, jadi pasti cocok banget baca ini😀

  2. Wah, penasaran, nih, sama bukunya. Saya selalu tertarik sama cowok Perancis (meskipun kayanya karakter Luc tidak banyak menggambarkannya, ya-_-) dan penasaran twist macam apa yang Mbak Lia gunakan; akan jadi klise-kah atau justru mengejutkan?

  3. Awalnya tertarik karena covernya yang unik, warna sama gambarnya keren.
    Sekarang ditambah baca review dari kakak jd makin mupeng buat “melahap” ini buku.. hhi
    tengkyuu kak😀

  4. Udah lihat reviewnya, jadi pengen tau seluruh ceritanya >_< semoga menang giveawaynya, wish me luck ^ㅅ^)

  5. Wow, Mbak Yuska rajin banget buat giveaway nih!😉

    Aku suka seri Hi! Kwangdae terbitan Penerbit Haru. Sebelumnya udah baca OJOU! (Ini reviewnya: http://luckty.wordpress.com/2013/07/10/review-ojou/)

    Suka ama quotes ini:
    Makan selalu bisa membuat suasana hati membaik. (hal. 166) –> aku banget!😀

    Dari review ini, aku suka bagian character analysis, pembaca review bisa mendapat gambaran tentang para tokohnya.

    Aku pengen banget dapetin buku ini, karena:
    1. Kalo udah aku baca pasti bakal aku review di notes FB dan blog buku
    2. Habis itu bakal aku sumbangin ke perpus sekolah
    3. Suka dengan tema yang diangkat dari novel ini; kenangan
    4. Suka dengan tulisan gaya penulisan Lia Indra Andriana

    Buku-bukunya Lia Indra Andriana yang udah pernah aku review:
    1. (Not) Alone in Other Land http://luckty.wordpress.com/2013/04/16/review-not-alone-in-other-land/
    2. Paper Romance http://luckty.wordpress.com/2013/10/03/review-paper-romance/

    URL Share:
    Twitter: https://twitter.com/lucktygs/status/386061100849975296
    Facebook: https://www.facebook.com/luckty/posts/10202046733670250
    Blog: http://catatanluckty.blogspot.com/2013/10/giveaway-good-memories-by-lia-indra.html

    Luckty Giyan Sukarno
    @lucktygs
    emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com

    #TebarGaramKeberuntungan
    #MerapalJampiJampiTimbunan

    ƪ(˘⌣˘)┐ƪ(˘⌣˘)ʃ┌(˘⌣˘)ʃ

  6. Jadi bercerita tentang gadis Indonesia yang berkuliah di Korea gitu ya? Wah asyik tuh, apalagi aku yang dasarnya memang obsesi banget sama negri Korea >< Intinya karena aku ngga bisa beli novel ini sendiri dengan lega :')

    Kalau Kak Yuska milih aku jadi pemenang, terima kasih banyak🙂 Kalo memang tidak, ya sudah, memang bukan rezeki🙂 Itung-itung ikut berpatisipasi ya🙂 Hehe.

  7. pengen novel ini mbak, karena: suka sama covernya, penasaran sama karakter Alva, ga suka korea jadi siapa tau bisa suka korea pas baca ini, dan yang paling utama sih, saya cinta buku gratisan mbak😀

  8. pengin punyaaa.. mbak Yuska detail sekali mereviewnya, jelas, tanpa bikin bingung–
    jadi penasaran dengan kehidupan kampus Maya seperti apa.😀

    • *ketinggalan*
      aku pengin menang karena sudah lama sekali gak baca novel kak Lia. Bahkan novel terbarunya sebelum good memories ini pun (paper romance) aku belum baca. semoga untuk novel ini rezekinya memang bisa aku dapat di giveaway ini🙂

  9. Penasaran gimana seluruh ceritanya >_< dari covernya aja udah menarik :3

  10. Aaaaaa kurang alasan nya Kak, jadi ini yg benar ya ><

    Kenapa aku berhak mendapatkan ini? Sebenernya masalah berhak apa ngga berhak itu tergantung Tuhan sama Kak Yuska mengizinkan apa engga hehe. Jujur, keluargaku lagi ada masalah keuangan, jatah uang sakuku aja dipotong 50% :') Jadi ngga bisa beli novel sepuasnya :') Ngenes deh ya :') Intinya karena aku ngga bisa beli novel ini sendiri dengan lega :')

    Kalau Kak Yuska milih aku jadi pemenang, terima kasih banyak🙂 Kalo memang tidak, ya sudah, memang bukan rezeki Itung-itung ikut berpatisipasi ya🙂 Hehe.

  11. misi ninggalin komen, mbak.. siapa tahu menang.. hahaha
    Seperti biasa, reviewnya komplit dan apa adanya.. (apalagi karakter analisisnya..)

    Pengen buku ini karena saya mau baca buku Kak Lia yang terbaru cuma belum ada duit…. hahaha.. Juga karena buku baru dari Haru..

    Makasih atas givewaynya ya😀

  12. haloooo~
    salam kenal ya, kak.. hehe

    selama ini aku baca novel-novelnya kak Lia dan selalu mengesankan, bahasanya ringan tapi bikin pingin baca terus sampai habis😀
    reviewnya joss deh!

    pingin dapetin novel ini karena, kovernya lucu (tapi kover-kover novel Haru selalu menarik ya :-D), authornya kak Lia><, mau ngelengkapin serial Hi-Kwangdae, sekaligus penghematan uang saku pelajar😄

    wish me luck *merapal mantra keberuntungan*

    twitter: @fsajeng
    RC name: Fikri Sekar Ajeng

  13. wahh baca Reviewnya aja udah menarik bangett.. apalagi kalo baca fullnya pasti asik dehh.. wish me luck dehh.. semoga kali ini berhasil ikut kuisnya (:

  14. woww reviewnya kereeen….
    jadi penasaran ama ceritanya moga aja berhasil jd yang terpilih wish me luck *husyu sujud*

  15. Selintas kayaknya ceritanya klise tp aku berharap unpredictable. Membaca review ini semakin ngebuat aku pengen ke negeri ginseng. Pengen tau gimana kehidupan kampus di korea, kerja part time nya. Apalagi ada quote “makan selalu bisa membuat suasana hati membaik” berarti bakalan ada banyak ulasan tentang makanan korea dong.
    Kenapa aku berhak ngedapetin novel ini : aku penasaran kenapa judul buku ini good memories?? Kenapa gak unforgettable memories??apa good memories selalu berisi tentang good memories??
    Aku belum pernah ngedapetin novel edisi tandatngan penulis. Kalo aku menang GA ini aku bakalan pamer sm temen” kalo aku ngedapetin novel disertai tandatangan penulisnya😀

  16. iin ekawati markus

    SO far…, aku suka cara reviewnya. kerena dan langsung ngena tapi bkin sdikit penasaran. bkin gatal tangan buat segera beli. sosok Luc di sini gmnaaaaa gitu… but still curious

    • iin ekawati markus

      aku log pake nama indah stewart yah mba

      • iin ekawati markus

        eh.. lupa mbak…
        alasan aku berhak ngedapatin bku ini, karena aku suka banget baca buku. terutama buku dari penerbit dibawah naungan mizan group, haru, gagasmedia. dan

  17. Jujur reviewnya keren banget, menarik. Aku tertarik dengan covernya, eye-catching selain itu aku juga telah membaca karya-karya Lia Indra yang menurut saya bintang 5. Aku ingin dapet novel ini karena aku sangat suka membaca dan menulis. Dan aku juga sedang belajar merensensi buku dan novel ini akan jadi novel yang ku resensi untuk pertama kali (beneran). Selain itu, aku juga ingin berbagi novel ini dengan meminjamkannya ke temen-temenku. Karena sudah kubilang, aku suka membaca jadi sering tuker2 pinjem sama temen. Anyway, terima kasih ya untuk giveawaynya. Quotes yang kamu rangkum juga keren dan aku banget (Makan selalu bisa membuat suasana hati membaik) hehehe.

    Salam,

  18. “Good Memories” merupakan novel bercitarasa Korea yang menurutku kisahnya nggak baru-baru amat, ya… masih tentang percintaan. Hanya saja, biar nggak terlalu pasaran, si penulis memberi sentuhan pada karyanya seperti ‘Good Memories Project’ yang diantar lewat tangan tokoh lain, yakni adiknya Maya so nggak membuat seolah-olah tokoh utama menguasai seisi dunia “Good Memories”. Selain itu juga ada project Frienvitation yang dijadikan saranan untuk membangun alur dan konflik.

    Mengenai review, lumayan ya isinya. Sekedar usul aja, gimana kalau pada bagian-bagian akhir review dibuat menggantung untuk membuat pembaca penasaran terus beli novelnya. Kalau hampir semua telah diceritakan di sini sama saja mengurangi minat untuk beli novelnya.

    Oh,iya, kalau ditanya kenapa pengin memiliki novel ini. Ada hal yang membuat aku jatuh penasaran sama novel ini. “Good Memories” kan salah satu dari serial Hi! Kwangdae. Nah, aku pengin tahu detail tentang dunia Kwangdae itu. Aku berpikir, penerbit Haru sedang membangun dunia kecil yg dititipin ke Korea. Saking niatnya membangun little everland (I called it like that), sampai2 bikin peta bahkan logo Kwangdae segala! Ckckckc… Makanya, aku pengin masuk ke little everland-nya Haru. Pengin cari suasana baru heheheh

  19. Reviewnya sudah bisa menggambarkan padaku seperti apa novel ini berkisah. Aku juga bisa tahu apa nilai plus minu sdari novel ini.
    Dan kenapa aku yang harus mendapatkannya?
    Karena aku belum sekalipun membaca seri Hi! Kwangdae dari Penerbit Haru. Dan, aku jadi penasaran semenarik apa novel Hi! Kwangdae itu😀

  20. Ah, buku barunya penulis Paper Romance! Sumpah, susah banget dapet buku ini di Bali. Kemaren dapet satu, buku terakhir di raknya Uranus. Aku suka sama gaya berceritanya di novel Paper Romance, emang awalnya agak draggy tapi setelah itu keren banget. Mungkin karena aku suka skip-skip kalo baca detil deskripsi, gak bakalan ngeh deh kali penulis kurang eksplor deskripsi di bukunya. Review yang bermanfaat. ;p

    numpang ijin listing giveawaynya di blog yah…..
    http://crescentonivy.blogspot.com/2013/10/list-giveaway-buku-indonesia-oktober.html

  21. Reviewnya sangat membantu mbak!
    Jelas, ga berbelit-belit, ga spoiler, bikin penasaran.
    Trus cara mbak menyusun review ini rapi sekali, dipisahin mulai dari synopsis, character, quotes, dllnya, seneng jadinya bacanya!
    Kenapa ya saya berhak dapet buku ini? Saya bingung jawab apa, sebenernya saya pengen dapet buku ini karena saya sering kesusahan beli novel untuk dibaca, saya penggemar novel tapi dompet sering ga memadai karena sekolah :(( Jadi kalo bisa dapet giveaway dgn cara yang sangat mudah, kenapa ga dicoba?
    Semoga saya bisa menang, trus dapet novel secara cuma-cuma deh!
    Thanks ya mbak kesempatannya🙂

  22. Halo Mbak Yuska bertemu lagi dengan saya! Hehehe😀

    Karena berkah STPC kemarin saya kurang beruntung, saya coba di sini lagi. Semoga menang *tabur bunga sambil do’a*

    Reviewnya seperti biasa, menggoda iman. Senang sekali ada visualisasi tokohnya. Yang jadi Luc, aduhai boo’. Namanya siapa ya? Mau googling nih.. Hehehe.

    Oh, ya kekurangannya juga dijabarkan, jadi saya bisa antisipasi *apaan?*

    Kenapa saya berhak dapat novel ini?
    1. Karena saya suka baca dan saya belum baca novel ini /plaak/
    2. Kalau udah selesai baca saya pinjamin ke temen semua biar semuanya tertular virus suka baca😀
    3. Kalu udah selesai baca bakalan bikin review di goodreads. Biar yang lain juga tertarik baca. Hahaha😀

    Udah gitu doang, sih. Semoga kali ini bisa menang. AMIIIIN!

    Salam hangat,

    Nanda Febri
    @milo389
    febrifebruary03@gmail.com

  23. Seperti biasa, reviewnya keren! penjabarannya jelas, tapi ngga spoiler.🙂

    Berharap banget dapat buku ini, soalnya suka baca seri Hi!Kwangdae dari Haru. selain itu, karena penasaran sama karyanya kak Lia Indra ini.

    makasi.
    Resita Putri
    @ResitaPutri_07
    resitaputri1@gmail.com

  24. Reviewnya selalu bagus, lengkap lagi ._. bikin yang baca jadi makin tambah pengen..
    kenapa saya berhak? pertama saya belum punya novel ini haha klasik banget yak jawabannya ._. yang kedua karena saya penasaran sama ceritanya, tokoh2nya juga tempatnya yang fiktif itu, yang ketiga judulnya lucu “Good Memories” apakah akan berakhir dengan good seperti judulnya ataukah? haha penasaran pokonya! :3
    suka juga sama gambar lomonya.. dan alasan yang terakhir kalau dapet ini bisa jadi kado ultah buat aku yang sebenernya udah lewat kemaren
    terima kasih🙂
    @OktaviaMithaa
    greenchochobichocolate[at]gmail[dot]com

  25. Hemm..belum pernah baca genre Hi! Kwangdae terbitan Penerbit Haru. Dilihat dari reviewnya sepertinya bukan teenlit. Plus, covernya semua buku terbitan Penerbit Haru itu lucu-lucu. So, it’s worth to try :p

  26. Good memories, lucu bingiiit.. apalag cover nya udah gitu di kemas sama re-view yg ini malah lebih afdol… asekk asekk josh!!!

  27. tertrik bgt sama ini novel,
    dari cover’y ya ampun itu warna biru lagi!
    Desaign’y TOP bgt

    jd tmbah penasaran dengan baca review’y,,
    apakh maya balik k indo apa g?

  28. Hmm… sebetulnya aku agak setengah hati baca buku Lia selanjutnya, setelah kecewa dengan Seoul Cinderella. Tapi berhubung rentang waktu pembuatan kedua novel tersebut jauh, mudah2an Lia sudah berkembang menjadi lebih baik. Dan seperti yang Mbak Yuska sebutkan di-review, bahwa perkembangan cerita, alur, juga gaya bertutur Lia yang mengalir, aku jadi pengen baca buku ini😄

  29. Dari awal baca review mbak Yuska, saya langsung teringat buku Not Alone In Otherland karya Lia, Fei sama Andry. Cerita Good Memories nya ini sepertinya diangkat dari pengalaman pribadi mbak Lia saat belajar bahasa korea, di korea nya =)) sama persiiis hahaha.

    Saya juga suka cara mbak Yuska mereview, selalu ditambahkan character analysis. Sehingga yang bacapun walaupun hanya baca review, bisa membayangkan alur ceritanya😀
    selain itu, mbak Yuska juga selalu bikin postif sama negatifnya ini buku. Enggak monoton juga yang baca jadinya =))

    Alasan mau buku ini, saya ada rencana buat memulai sebar bacaan gratis. Udah saya mulai dari buku-buku pribadi dipinjamkan ke teman-teman agar mereka semangat membaca. Kalau dapat buku Good Memories, setidaknya dapat menambah lagi jumlah buku yang dapat mereka baca. Apa lagi ini ada unsur Korea nya, teman-teman saya banyak yang tertarik baca yang ada korea-korea nya😀

    @DeltaYordani

  30. wah revirewnya asyik banget langsung kebayang ma cerita dan tokohnya😀
    aku berhak dapet novel ini karena tergiur sama sinopsis ma review yang ditulis mbak yuska. jadi penasaran haha. semoga menang deh ya😀

    @sayang_akichii

  31. reviewnya keren. dari kapan ngeliat pernah diomongin twit penerbitharu, udah naksir aja ni buku. awalnya karena suka kaver unyunya. sayangnya, gara-gara baca review ini, jadi makin kepengen buku ini. menyebalkan :))

  32. Jujur aja sih, aku seneng kalo baca reviewnya kak Yuska, lengkap banget, mulai dari alur ceritanya yang ga spoiler, pengimajinasian tokohnya, dan quote-quote novelnya. Ya kayak di good memories ini reviewnya cukup menarik dan enak banget gaya bahasanya. Kenapa aku berhak dapet good memories? Ya soalnya aku paling seneng nungguin karya kak Lia Indra, ecxited banget kayaknya kalo bisa baca good memoriesnya kak Lia, kalo bisa dapet aku bakalan sampulin bukunya, dibaca dari awal sampe akhir, dan kalo sempet sih pengen bikin sketsa adegan di novel good memories, soalnya lagi belajar bikin sketsa juga sih🙂

  33. yeyeyeye, excited bgt sama novel ini. pertama, krn setelah baca review dari mbk yuska di atas, jd makin terbuka bayangan mengenai bgaimana jalan cerita novel ini nanti. kedua, karena ini SERIAL HI! KWANGDAE dan penulisnya mbak LIA pula!!! setelah sebelumnya sempat baca keseruan salah saru serial sebelumnya dari Kak Andri ‘Ojou’ , sekarang penasaran bgt bagaimana sentuhan-sentuhan kata-kata ajaib dari Kak Lia buat novel ini. Pokoknya yang jelas, i really wish for this novel.
    Thank you for a very good review, Kak Yuska🙂

    @NoonaHyunRa
    rizma_dwinastiti@yahoo.com

  34. @Litaa_FAN
    yangchen85@yahoo.com

    karna aku suka bgt sama korea , dan pastinya tertarik bgt bwt baca yg berbau korea. apalagi yg nulis kak lia yg udah terkenal dan karyanya yg udh aku baca itu seoulmate yg bikin aku pertama kali suka dgn tulisannya. setelah itu aku jd tertaik baca novelnya yg lain.
    pengen baca luc , karna tipe – tipe cowok yg keren kyknya

  35. Ila Aulia Rahmah

    Selalu suka sama review kakak🙂
    Review nya detail, ada identitas buku, dan sinopsisnya juga :))
    Belum lagi di setiap review pasti ada quote-quote dari novel yang bagus-bagus, dan ada character analysis yang mempermudah penggambaran cerita dan tokoh walaupun belum baca bukunya🙂

    Aku harus punya bukunya!
    Soalnya kak Lia Indra Andriana itu salah satu penulis favorit aku, belum tau ceritanya gimana, udah pasti novelnya bagus🙂
    Apalagi ini ada Tanda Tangannya, HARUS PUNYA🙂

  36. review nya sangat amat menarik , terperinci banget , gak cuman yang bagus – bagus aja , tapi kalimat – kalimat yang kurang bekenan di hati di tulis juga . sip lah pokoknya .🙂

    kenapa aku berhak mendapatkan novel ini :
    aku suka baca buku , nulis puisi dan cerita fiksi .
    insyllah juga mau ngambil jurusan sastra tahun depan🙂 amin ,
    dan aku belum pernah baca novel hasil tulisan kak lia andriana , jadi kasih kesempetan buat dapetin novelnya yah kak,🙂 hehe

  37. Review Good Memories-nya keren. Semua informasi yang dikasih sama reviewer bener-bener pas dan gak spoiler. Ditambah ada Character Analysis (yang jarang aku dapetin di review-review lain), bikin imajinasi aku makin melayang terbawa cerita (padahal belum baca novelnya)😀
    Alasan kenapa aku berhak dapetin novel ini, tentu saja karena aku suka ide ceritanya dan bisa aku jadikan referensi untuk coba-coba nulis novel, terlebih novel bersetting luar negegi😀
    Thank you, kak :))

    twitter: @ayuandin1

  38. Selalu khas kak Yuska, memberi penjelasan detil TANPA ngasih sop iler😀 dan lebih mengutamakan pendapat pribadi, jujur aja kalau baca review yang dibaca duluan itu pendapat reviewernya, ringkasan ceritanya malah kadang nggak dibaca😄
    Character Analysis! ini berguna banget buat imajinasi gue pas baca Good Memories (gratis dari kak Yuska :p) nanti. Tapi, portray Maya nggak pas dihati._. yahh okeee untuk Maya ntar gue cari sendiri portray yang cocok, ahhhh jadi nggak sabar pengen cepet2 baca!

    Hmm… kak Yuska harus ngasih Good Memories ke gue karena gue ngerasa ada chemistry sama Maya, secara dari Character Analysis-nya itu banyak yg gue banget ._. (oke fix, Character Analysis di review ini jadi bagian favorit gue). Dan, ada cowok Prancisnya gewlaaaaaaaaaaaaaaaaa *fangirling* daridulu, dari virus bookworm baru masuk ke otak gue, gue udah mengharapkan pengen baca novel yg karakternya cowok negara Eiffel, gue lebih prefer cowoknya dibanding settingnya. Dan sampai sekarang gue belom nemu-.- makanya girang banget pas tau tokoh Good Memories ada Luc, si cowok fiksi idaman gue~
    Apalagi ya? Oh, gue kebetulan udah punya serial Hi! Kwangdae sebelumnya: Close To You dan Ojou!. Nah, Good Memories harus punya juga biar lengkap❤ mhihi…

  39. Kakak!! Aku ikutan yaaaa🙂
    Reviewnya udah bagus. Apresiasi kaka terhadap novel itu udah bagus. Dimulai dari beberapa penggalan kisah yang secara nggak langsung bikin aku ikut penasaran dengan kelanjutannya.
    Tapi pas di review kaka, kenapa ngga diselipin satu kalimat dialog para pemain? Maaf ya kak itu cuma saran aku aja. Biar review kakak semakin mengena di hati para readers.
    Dan aku kritik lagi ya kak, maaf nih kak jadi banyak kritik. Bahasanya akan lebih baik jika diperhalus, jangan memakai kata “gue”.
    Sebenarnya aku ragu mau kritik itu, tapi biar bahasa kaka jadi halus aja dan jadi tambah berkesan dibaca. Tapi untuk keseluruhannya aku suka banget gaya review-nya yang to the point. Sekali-kali boleh dong kak, kasih tips untuk bikin review yang kaya gitu🙂🙂

    Nah, aku berani mengatakan kenapa aku layak mendapatkan novel ini karena AAAAAA~~ AKU SUKA BANGET SEMUA NOVEL KAK LIA!! APALAGI SAAT DIA BIKIN YANG BERLATAR KOREA!!! Dulu aku pernah ikutan kuis penerbitharu yg Seri Hi! Kwangdae. Tapi aku tidak menang😥
    JUJUR INI HARUS AKU AKUI, SEMUA NOVEL KAK LIA, WAJIB DI BACA. KHUSUSNYA NOVEL YANG BERLATAR KOREA.
    Untuk kak Yuska, terima kasih banyak, udah bikin Giveaway ini😀😀

    • Thank you untuk masukannya. Karena nanggung mau akhir tahun, kata gue masih akan ada sampai bulan Desember. Tahun depan memang aku rencana untuk mengganti ‘gue’ dengan ‘saya’. Thanks for your 2 cents.

      Sent from my iPad

  40. aku belum pernah baca seri hi kwangdae dari penerbit haru sebelumnya, tapi secara garis besar udah tahu inti ceritanya melalui beberapa review yang aku baca.
    Dan aku emang selalu suka review-review dari blog mbak Yuska🙂
    Yang paling aku suka kalau ada character analysis😀

    Kenapa aku harus menang novel ini?
    Soalnya mau aku hadiahkan buat temenku yang ulang tahun di bulan november, kalau misal aku menang. Hehehe
    Intan Ratnasari
    @_tantintun
    ymmot_in@hotmail.com

  41. wah kayanya seru deh. liat dari reviewnya kayanya alurnya seru, suka nih tipe cerita yang sweet gini haha ringan gak kompleks🙂 mau mau mau dong kak😀 kepo banget deeh..

  1. Pingback: Meet the Author: Lia Indra Andriana @penerbitharu | lustandcoffee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: