Meet The Reader: Dian

dian

Ketemu lagi bersama Lust and Coffee dalam segmen Meet the Reader. Fitur ini baru kali ini dilaunching yang rencananya akan diadakan rutin tiap dua bulan sekali.

Kali ini Lust and Coffee berkesempatan untuk berbincang bersama Dian yang merupakan salah satu pembaca blog ini.

Dian yang berusia 24 tahun ini bekerja di suatu instansi pemerintahan. Di sela kesibukannya sebagai PNS, Dian selalu menyempatkan diri untuk mengikuti event menulis juga membaca buku sambil berlatih menulis.

SImak wawancara Lust and Coffee dengan Dian berikut:

 

Sejak kapan suka membaca?

Aku suka membaca sejak kecil, mungkin sekitar kelas 1 SD. Aku mulai suka membaca karena ibuku berprofesi sebagai guru SD dan sering meminjamkan buku dongeng bergambar dari perpustakaan tempat beliau mengajar.

Awalnya ibu meminjamkan buku-buku tersebut agar aku segera lancar membaca. Namun hal positif lainnya adalah kegiatan tersebut menyadarkan  aku bahwa membaca lebih mengasyikkan ketimbang menonton TV.

 

Ya, saya setuju banget dengan kamu. Membaca jauh lebih menyenangkan daripada menonton TV. Lalu, sejak kap;an kamu mulai ngeblog?

Dunia perblogeran ini masih sangat baru untukku. Aku baru membuat blog bulan Maret 2013 lalu. Makanya postinganku masih sedikit banget😀

Aku mulai menjajal ‘blog’ saat ada giveaway yang mengharuskan penggunaan blog. Dan sejak itu aku mulai mengenal asyiknya ngeblog. Setidaknya, gara-gara blog aku bisa sedikit mewujudkan mimpiku yaitu tulisanku dibaca banyak orang.

 

Apa yang kamu sukai dari ngeblog?

Blog memacu kita untuk menulis. Setelah ngeblog, aku jadi lebih rajin menulis. Blog itu seperti pendorongku agar aku ingat bahwa menulis adalah bagian dari hidupku. Dulu sebelum aku kenal blog, aku menulis jika ingin menulis saja, hanya ketika ide bersarang di kepala. Sekarang, aku tidak harus menunggu ide datang untuk menulis karena ada blog yang harus diupdate.

 

Sebutkan  satu novel yang sangat berkesan buatmu. Berikan alasannya juga ya.

Bangkok: The Journal by Moemoe Rizal.

Banyak bagian dari novel ini yang membuatku menyadari ternyata sebuah keluarga punya arti yang sangat dalam. Seberapa buruknya keluarfga itu, tetap saja mereka keluarga. Seberapa kita tidak menyukai pilihan dari salah satu anggota keluarga kita, tetap saja mereka keluarga. Seberapa kita benci pada mereka, mereka pergi, tetap saja ada rasa tak rela dan sakit yang menghinggapi.

Edvan dan Edvin  adalah tokoh kontroversi yang belajar hidup lebih baik dari sebuah kesalahan. Dan aku ingin selalu belajar dari sebuah kesalahan seperti mereka, maju terus tanpa mau menhiraukan rasa sakiit dari kesalahan yang sudah terjadi. Maju terus untuk bertemu mimpiku yang akan terwujud suatu saat nanti.

 

Amin, Saya doakan juga ya, Dian. Jika kamu menjadi tokoh fiksi, kamu ingin jadi siapa?

Syiana, tokoh di novel ‘Restart’-nya Nina Ardianti.

Alasannya, bagiku hidup Syiana terasa sangat menyenangkan. Ya walaupun awalnya dia harus merasakan menjadi bagian dari keluarga broken home dan harus menerima kenyataan diselingkuhi. Tapi dia punya pekerjaan yang menjanjikan. Dia juga punya hidup yang dikelilingi orang-orang menyenangkan seperty Edyta dan Ilham, juga keluarga Edyta. Syiana juga dicintai Ferdian Arsjad, membuat hidupnya menjadi sempurna.

Pernah punya pengalaman menarik yang berhubungan dengan kesukaanmu membaca?

Saat aku kelas 2 SMA, aku sering kali membaca novel saat jam pelajaran, terutama pada saat mata pelajaran membosankan seperti PPKN atau Kimia. Hasilnya, kalau nggak kena tegur, aku disuruh keluar.

Hal positifnya, membaca membuatku sadar untuk bisa menghasilkan bacaan seru seperti yang sudah kubaca. Dan itu membuatku untuk mencoba menulis. Kelas 3 SMA karyaku bisa muncul di tabloid remaja untuk pertama kalinya. Sejak saat itu aku jadi tahu akan mimpiku yang sebenarnya.

 

Woaah, congrats, ya. Seandainya kamu diberi kesempatan untuk bertemu seorang penulis, siapa dan apa yang ingin kamu lakukan dengannya?

Aku ingin ketemu Moemoe Rizal dan Nina Ardianti. Kalau ketemu mereka, aku mau mencuri kemampuan menulis mereka. Tenang, aku nggak akan menggunakan ilmu hitam untuk mencuri iklmu, paling aku minta diajari secara intensif. Aku ingin meminta mereka memberikanku metode-metode ampuh untuk menulis. Oiya, aku juga nggak akan melewatkan kesempatan foto bareng dan minta tanda tangan. Nggak mau rugi deh pokoknya😀

 

Terima kasih ya sudah menjawab 7 pertanyaan dari saya.

Terima kasih kembali, Mbak. Senang bisa diberi kesempatan seperti ini.

 

Nantikan wawancara Lust and Coffee dengan pembaca lainnya di lain kesempatan.

Hugs,

20130716-060442.jpg

About lustandcoffee

A housewife, a mother, a passionate literati, a writer, a tea addict & occasional traveler. I also translate some articles for a business magazine. I'm a contributor for Writer's Magz Indonesia.

Posted on September 21, 2013, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. iin ekawati markus

    cukup tau sosok yang satu ini…. sesama bookhunter…, itu sebutan kami, bersaing secara sehat kak Dian…. udah sibuk ngeblog rupanya yah…, but still miss u with kak @nanyanana_

  2. Hohoho…. saya belum PNS mbak. Tapi, semoga secepatnya jadi PNS. Tp, Sedang ikut seleksi. Semoga aja keterima. AMIN!!!!!

    Wah, ternyata aku jd Pengisi Meet n’ Reader pertama. Heeeemmmm…. Semakin spesial rasanya. Makasiiiiihhhhh

  3. halo mbak dian, salam kenal ^^

    penulis favorit kita sama, mas moemoe rizal :$

    Saya walaupun udah punya blog, tapi masih aja susah buat update >,< udah dipaksa-paksakan minimal sehari sekali, eh malah seminggu sekali, kadang sebulan sekali parahnya =))

  4. Halo Delta, salam kenal jg.
    Wah, penggemar Bang Moemoe juga, ya?!
    Aku sering update karena aku suka resensi buku. Jadi, tiap abis baca buku, aku selalu posting resensinya di blog. Kadang jg sering ikut Giveaway yg harus pake blog. Jd otomatis blog pasti terupdate.

Leave a Reply

