[Book Review + Giveaway] So, I Married the Anti-fan by Kim Eun Jeong @penerbitharu

chuseok

 

 

book_info

 

so-i-married-the-anti-fan-2013

Judul: So, I Married the Anti-fan

Penulis: Kim Eun Jeong

Penerbit: Penerbit Haru

Tahun Terbit: 2012, repackaged: 2013

Genre: Drama, Romantic Comedy

 

 

book_blurb

Aku tinggal dengan idola paling terkenal se-Korea. Tapi… Aku adalah antifan-nya.

H, salah satu bintang pemicu hallyu wave akan tinggal dengan antifan-nya dalam sebuah variety show.

Mr. H: Tentu saja aku bisa menangani antifan-ku. Aku ini pria yang penuh dengan kejutan.

Ms. L: Sebagai antifan-nya, aku akan membuka semua rahasia busuknya. Lihat saja nanti.

Begitu berita itu keluar, para fans Mr. H segera membentuk pertahanan untuk melindungi idolanya. Dan jika Ms. L melukai Mr. H barang sedikitpun maka mereka tidak segan-segan untuk bertindak.

 

thoughts

Apa rasanya tinggal bersama salah satu artis idola di Korea? Mengetahui sisi-sisi lain di balik ‘kesempurnaan’ yang selama ini ditunjukkan oleh si Mr. Perfect itu? Sepertinya, kali ini Lee Geun Yong benar-benar meresapi arti idiom ‘Life is like a box of chocolate’ saat ia menerima tantangan untuk menjadi ‘bayang-bayang’ seorang Hu Joon, artis idola di Korea yang memiliki banyak penggemar dan mungkin bisa dikategorikan sebagai artis paling diburu oleh gadis-gadis Korea. Yeap, seperti menerima sebuah kotak cokelat, kita nggak akan pernah tahu apa yang akan dirasakan oleh lidah kita sebelum membuka kotak itu dan memakannya satu persatu. Apakah manis? Pahit? Berisi kacang, buah, atau malah campuran susu dan almond yang membuat lidah kita terlena? Itulah yang dialami oleh Geun Yong, berbagai keterkejutan ia alami saat ia mengikuti keseharian seorang idola. Oh, jadi ternyata begitu toh kehidupan si pangeran impian ini, yang membuat banyak gadis remaja sampai perlu merelakan waktunya untuk mengikuti dan mengintai keberadaannya. Dan berawal dari satu hal ke hal lain, yang akhirnya malah membawa Geun Yong terlibat semakin dalam ke kehidupan dan perasaan Hu Joon.

Semuanya berawal dari satu kesialan. Mungkin jika bisa memilih, Geun Yong rasanya ingin bisa menghapus satu hari dimana ia bertemu dengan Hu Joon dan membawanya ke berbagai kesialan berikutnya, yang berujung menjadikan Geun Yong menjadi seorang: Anti-fan. Ya, kebalikan dari arti kata fan atau penggemar, anti-fan adalah seorang yang ‘tidak menggemari’ artis tertentu, atau bahkan cenderung membenci si artis tersebut. Setidaknya itu yang ada di pikiran Geun Yong. Sejak pertama bertemu Hu Joon dan menganggap Hu Joon sebagai biang kesialan dalam hidupnya, Geun Yong merasa perlu untuk membongkar sisi-sisi buruk Hu Joon yang selama ini adalah sosok idola. Ia ingin membuktikan kepada para fan Hu Joon, bahwa idola mereka selama ini bukanlah sosok sempurna seperti yang mereka kira, bahkan jauuuh dari kata sempurna. Dan gayung pun bersambut, ketika ia ditawari untuk tampil di acara reality show yang mengharuskannya untuk menjadi ‘bayang-bayang’ Hu Joon. Reality show ini menawarkan banyak hal yang dirasa Geun Yong dapat membalikkan nasib sialnya, namun tentu saja rencana itu bukannya berjalan tanpa masalah. Demi melihat dirinya tampil di layar kaca bersama seorang idola, Geun Yong harus menuai banyak kecaman dari keluarga, sahabat, dan tentu saja, para penggemar Hu Joon itu sendiri. Ketika mengetahui niat Geun Yong untuk membongkar keburukan Hu Joon yang diutarakan lewat dunia maya, para fan Hu Joon segera membentuk barisan pertahanan untuk melindungi Oppa mereka itu. Dan mereka bukannya main-main, karena bahkan ada yang berani mengancam hidup Geun Yong.

Novel yang ditulis oleh Kim Eun Jeong ini bagus dibaca jika kita ingin mengetahui sisi-sisi lain di balik seorang idola yang selama ini dituntut untuk selalu tampil sempurna di hadapan publik. Sempurna yang dimaksud tentu saja bukan hanya masalah penampilan –baju yang oke, wajah yang mulus tanpa noda, atau tubuh yang ideal- tapi untuk masalah hati pun para idola seolah dituntut untuk selalu memiliki kisah yang manis, tidak ada ruang untuk sakit hati, apalagi menyakiti hati orang lain. Dan penulis dengan sangat apik menceritakan tentang konflik batin yang dialami seorang idola, bagaimana ia memulai perjalanan karir nya dari sebuah masa lalu yang buruk sampai dengan perasaan hatinya yang selama ini terbungkus dalam image kesempurnaan. Keseharian kegiatan seorang artis dan masalah-masalah yang terjadi ‘di balik layar’ pun diolah menjadi konflik yang membuat kita semakin penasaran untuk mengikuti kelanjutan cerita setiap bab. Dari sisi anti-fan itu sendiri, seperti seorang yang tidak suka cokelat namun kemudian disodori sebuah kotak cokelat dengan isi yang tak terduga, disini kita akan disuguhi cerita bagaimana seorang Geun Jong dan kebenciannya terhadap Hu Joon akhirnya mengalami banyak hal yang justru membuatnya berpikir ulang tentang perasaannya sendiri. Apakah manis? Pahit? Atau malah melenakan?

Novel terjemahan pertama yang diterbitkan oleh Penerbit Haru ini layak dibaca terutama untuk yang selama ini suka dengan cerita-cerita drama, khususnya para penggemar drama Korea. Di Korea sendiri, novel ini merupakan salah satu novel best seller dan malah sedang dalam proses pengerjaan untuk dibuatkan K-drama nya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai novel ini, bisa dilihat di situs www.penerbitharu.com dan akun twitter mereka: @penerbitharu.

 

dinoy

GR

Dinoydata

Memperingati perayaan Chuseok (info lebih lanjut baca di sini), ada hadiah berupa novel Korea + swag yang akan gue bagikan untuk pembaca setia blog Lust & Coffee. Caranya gampang banget:
1. Isi di kolom komentar tentang pendapatmu mengenai review novel So, I Married the Anti-fan ini.
2. Jangan lupa cantumkan nama, alamat email + akun Twitter di kolom komentar.
3. Dengan menulis minimal 1 komentar dari 5 review novel Korea, kamu mendapatkan 1 entry undian untuk memenangkan hadiah Chuseok Special Giveaway. Hitungannya 1 komentar = 1 entry; 2 komentar untuk 2 review berbeda = 2 entries, dst.
4. Jika kamu follow blog ini/twitter @yuska77/tweet giveaway ini, ada extra entry.
5. Chuseok Giveaway berlangsung dari tanggal 12 September sampai 20 September 2013.
6. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 25 September 2013. Pemenang akan diundi via random.org

Best of luck🙂

20130330-114856.jpg

About lustandcoffee

A housewife, a mother, a passionate literati, a writer, a tea addict & occasional traveler. I also translate some articles for a business magazine. I'm a contributor for Writer's Magz Indonesia.

Posted on September 14, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 15 Comments.

  1. iin ekawati markus

    reviewnya bagus… tidak terlalu menjelaskan bagaiman alur ceritanya dan juga proses hingga bening cinta Mr. H dan Ms. L ini muncul…. reviewx ditulis dengan apik.selalu suka baca novel yang settingnya korea apalagi yang pake antifans. good job deh kak.

    aku sih…, gak mau jdi antifansnya siapapun.

    iin ekawati markus
    indahstewart@gmail.com
    @nila_adam

  2. Oh begitu toh. Saya awalnya bingung waktu di toko buku nemu buku ini terus baca sinopsisnya, si geun-young kan mau membuka aib si hu-joon. Nah perasaan saya, di korea kan terkenal tuh fansnya gila semua. Yang gak rela idolanya dekat sama siapapun kecuali dg. yg mereka inginkan. Saya pikir jalannya si geun-young ini mulus banget buat dekat sama hu-joon kaya jalan tol. Eh ternyata…

    Reviewnya yg asik ini, bikin saya jadi nyesal nggak jadi beli novelnya. :’)

    Ruth Munthe
    @ruthmunthe

  3. Sebenarnya, saya dulu pernah baca novel ini. Tapi.. saya kurang terkesan. Tapi, kok setelah saya melihat review ini, saya jadi pikir-pikir kembali, sambil bilang, “Loh emang ceritanya kayak gini ya?”
    Mungkin saya memang sudah pikun jadi saya bingung sendiri. Tapi, untuk ukuran review yang menggoda iman para pembaca, review ini sangat mengerti sekali untuk tidak membocorkan ending cerita. Saya, kalo liat ada tulisan sad ending, bawaannya pengen ngamuk mulu. Tapi, kalo liat happy ending saya suka.
    Nah, semoga review ini bisa meningkatkan rasa penasaran para pembaca untuk membaca novel korea satu ini.

    Salam hangat,

    Nanda febri
    @milo389
    febrifebruary03@gmail.com

  4. Novel korea selalu membuat penasaran, apalagi dengan arus Hallyu-wave di Indonesia. Melihat review-nya bikin tambah penasaran sama novelnya. Tidak ditulis secara jelas bagaimana alur ceritanya dan bagaimana ending-nya. Review-nya menarik.

    Semoga happy ending😀

    Tyaas HC
    tyashc@gmail.com
    @tyaas_hc

  5. penasaran ..
    apalagi ceritanya ttg idola dan antifans. bener – bener tema yg krusial.
    banyak yg blg kyk drama korea. jadi tambaha penasaran.

    lita andriana
    @Litaa_FAN
    yangchen85@yahoo.com

  6. Aku suka paragraf pembuka reviewnya. benar-benar menggambarkan cita rasa novel ini.
    Aku jg suka pemilihan bagian novel yg dipaparkan, pas dan nggak spoiler.

    Inti sari novelpun diceritakan, jd calon pembaca bisa ‘ngeh’ apa sih yg akan di ceritakan, ini bikin calon pembaca bisa benar2 tahu apakah dia kira2 suka atau tidak dengan novel ini

    Dian. S
    @dianputuamijaya
    dian_putu26@yahoo.com

  7. Suka cari guest reviewernya menyampaikan. Isinya tetap padat namun tetap membuat penasaran. Walaupun saya sudah pernah membacanya, namun kalau pun misalnya saya belum baca novel ini dan melihat review terlebih dahulu, saya bisa penasaran dan bakal beli bukunya ^^

    Delta Kenda Ramadita
    @DeltaYordani
    iam(dot)deltayordani(at)gmail(dot)com

  8. Dari sebelum ganti cover memang udah tertarik baca buku ini, tapi ragu terus😀 nyari giveaway, nggak pernah menang *malah curcol*

    Ih ternyata guest reviewer-nya kak Dinoy😀 kalian berdua emang hebat deh dalam dunia perreview-an xD pokoknya nggak perlu diragukan lagi :)) apalagi kalo nggak salah kan kak Dinoy jadi proofreader buat buku ini kan? *sotoy*

    nama: Ariansyah
    email: ariansyahabo@gmail.com
    twitter: @ariansyahABO

    share: https://twitter.com/ariansyahABO/status/379253418985918464

  9. So i married the anti fan emang buku yang laris banget, setiap ke toko buku pasti keabisan. Menurut aku sih judul.dari novel ini menjual banget, nggak tau kenapa unik gitu. Kenapa ya di review sekaran ga selengkap kaya yang 18 vs 29, padahal aku nunggu baca quotes-quotesnya eh ternyata setelah di scroll gaada T.T

    Hani Sutina
    Hanisutina17@yahoo.com
    @Hanisutina2

  10. reviewnya bagus! dengan bahasa mbak yuska sendiri ceritanya nyampe dan gak spoiler.
    terus terang aku udah pernah review buku ini, tapi susah untuk gak spoiler.hehe xD

    nama: irnalasari
    twitter: @irnari
    email: irnalasari@ymail.com

  11. pengen banget novel ini tapi saking larisnya susah dicari T_T
    btw, kok nggak ada kalimat pembukanya? yah, itu kan ciri khas blog kk

    Amelia
    @meliarawr
    fantasy_narnia@yahoo.com

  12. Menurut aku review ka Yuska yang ini kurang detil. Aku ga menemukan komentar-komentar jujur kaka akan buku ini, suka atau ngga sama novel ini.

    Ratri Aulia
    @auliaaRatri
    aulian_rhatri@ymail.com

  13. jujur, aku ga tertarik sama buku ini hanya dengan membaca judulny aja
    aku bukan salah satu perempuan yang tergila-gila dengan K-Pop
    yaah walaupun aku sering nonton dan membaca berita-berita terbaru tentang mereka
    tapi aku hanya sekedar tau, bukan fans ataupun anti-fan

    di review ini dibilang kalau novel ini salah satu bestseller dan it’s makes me wonder
    apa yang membuat buku ini spesial, mengingat sudah banyak novel yang bertemakan cerita seperti ini seperti karya Ilana Tan.

    Shyntia Hani Tiara Putri
    @tiaraaaaputri
    shyntia_hani@yahoo.com
    hani_shyntia@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: