[Book Review + Giveaway] 18 vs 29 by Ji Su-hyun @penerbitmizan

book_info

20130813-032958.jpg

Judul Buku: 18 vs 29: Loving You Forgetting You
Penulis: Ji Su-hyun
Penerjemah: Rusmalasari dan Dwita Rizki Nientyas
Penerbit: Mizan
Tahun Terbit: Juli 2013 (Cetakan Kedua)
Jumlah Halaman: 314
ISBN: 978-602-9225-85-3
Kategori: Novel Fiksi Terjemahan
Genre: Korean Lit, Romance
Harga: Rp. 45,000
Beli di: Gramedia Bintaro Plaza
Kalimat pertama:

“Aku ingin jadi Janda”.

book_blurb

“Maaf, Anda siapa, ya?”

Dengan wajah bingung, wanita itu bertanya kepada suami yang selama dua tahun ini makan, tidur, dan hidup bersamanya.

Hye Chan

Mana mungkin paman jahat itu adalah suamiku?! Aku masih delapan belas tahun dan belum menikah! Bisa-bisanya dia bilang aku sudah dua puluh sembilan tahun! Tapi, aku kaget saat melihat wajahku sendiri di cermin … benarkah ini aku? Rambut pendek sebahu, wajah sangat dewasa …. Ah, peduli amat! Aku tidak akan pernah menggubris orang yang mengaku-ngaku suamiku itu. Aku akan tetap bersikap seperti anak umur delapan belas, suka atau tidak suka.

Sang Yeong

Dulu, dia bilang akan melupakanku selamanya. Dan kini itu terjadi: dia kecelakaan, hilang ingatan, dan mengira dirinya masih berumur delapan belas. Betapa pun aku bilang bahwa aku suaminya dan umurnya dua puluh sembilan tahun, dia tetap tidak percaya. Baiklah. Lihat saja, Hye Chan. Aku akan membuatmu mengingat dan memanggil namaku lagi. Aku akan membuatmu hidup bersamaku, sekali lagi. Suka atau tidak suka.

thoughts

Toko buku itu setan bagi book hoarder atau compulsive shopper seperti gue. (Baca tipe-tipe pembaca di sini).
Seperti yang terjadi pada suatu hari Selasa siang, gue ada janji temu dengan teman lama di Bintaro Plaza. Sambil nunggu, gue bertandang ke Gramedia dan memboyong pulang buku ini yang gue beli secara impulsif. Pas baca di Goodreads, gue tepok jidat dan ingin teriak “Oh, Noooo!” Tema amnesia lagi T.T

Tapi, karena bukunya sudah dibeli, mau nggak mau kudu dibaca supaya nggak rugi.

Adegan dimulai dari Hye Chan, wanita berusia 29 tahun, yang ingin cerai dari suaminya, Sang Yeong, seorang aktor tampan dan terkenal. Sebelum menyerahkan surat cerai ke pengadilan, terjadi kecelakaan yang menyebabkan Hye Chan hilang ingatan. Ia berada di tahun 1993, di mana usianya masih 18 tahun. Ia memanggik Sang Yeong ‘Paman’, bahkan adiknya, Hye Won, dipanggilnya Kakak.

Sang Yeong berusaha memulihkan ingatan Hye Chan. Seseorang di masa lalu, pria saingan berat Sang Yeong yang merupakan kakak kelas Hye Chan, Jeong Si Woo, yang justru diingat oleh Hye Chan. Terang saja Sang Yeong jadi meradang.

Hye Chan memiliki bakat menulis, dan ia ternyata sedang bekerjasama dengan Si Woo dalam menulis skrip sebelum ingatannya hilang. Namun, Hye Chan tentu tidak ingat apa-apa. Sebelum menikah, Hye Chan bekerja sebagai asisten sutradara. Setelah menikah dengan Sang Yeong, ia berhenti bekerja karena suaminya kurang suka.

Lawan main Sang Yeong, Ji Won, sangat menyukai Sang Yeong, bahkan melakukannya secara terang-terangan. Walau Sang Yeong tidak menyukainya dan berusaha menghindarinya, namun Ji Won keukeuh ingin mendapatkan Sang Yeong.

Proyek film terbaru melibatkan Si Woo sebagai sutradara, Hye Chan sebagai penulis skrip, Sang Yeong dan Ji Won sebagai pemeran utama. Yoon Woo, aktor junior yang ambisius, ingin sekali bermain dalam film tersebut. Mulanya Sang Yeong menolak dengan alasan gengsi. Namun, setelah mengetahui Hye Chan juga dilibatkan, ia tidak mau melepaskan tawaran yang diberikan padanya. Walau Yoon Woo dilobatkan sebagai pemeran pembantu, ia berang karena ia gagal menjadi pemeran utama.

Kisah cinta segiempat merupakan formula favorit dalam K-Lit/K-Drama. Tipikal cowok yang keras di luar namun lembut hatinya, lalu cewek jutek dan ganas adalah gambaran biasa dalam K-Lit. Walau terkesan klise, novel ini masih asik dinikmati. Gue harap, ini novel terakhir tema amnesia yang gue baca. Otherwise, I’ll be like this…

Ketika Hye Chan dang Sang Yeong bertengkar, Hye Chan tinggal di rumah Hye Won. Adegan paling menggelikan adalah saat kepalanya terantuk piring yang berjatuhan. Tiba-tiba, bayangan masa lalu berkelebat. OK, untuk memikmati novel ini, gue harus membuang jauh-jauh segala pikiran tentang kekonyolan amnesia. Gara-garanya, gue ketemu teman lama yang bercerita tentang seorang teman yang pernah mengalami kecelakaan dan sempat amnesia parsial selama beberapa jam.

Hubungan cinta segiempat tokoh-tokoh 18 vs 29 ternyata menguak fakta yang berawal dari kesalahpahaman dan kurangnya komunikasi. Jangan khawatir, novel ini happy ending

Setelah membaca novel ini, gue semakin yakin kalau banyak cowok Korea gemar olahraga bisbol. Suami temen gue orang Korea seminggu sekali latihan bisbol. Lalu, pernah ada pertandingan bisbol antar seleb juga. Bisa-bisa, bisbol dikategorikan sebagai olahraga seksi :p

My rants about this book:

Masih terdapat sedikit typo:
Walalupun (hal. 96)

Ada kesalahan penulisan di halaman 93. Seharusnya (Romeo) Montague, bukan Mountage. Semoga di cetakan berikutnya editor lebih aware karena tokoh Romeo Montague adalah salah satu tokoh fiksi legendaris🙂

Repetisinya juga agak mengganggu. Misalnya, saat Hye Chan harus berlatih menari untuk menggantikan pemain yang kakinya patah. Di bab berikut, hal itu kembali dijelaskan.

Awalnya Jeong Si Woo disebut sebagai penulis skenario, kemudian produser, lalu di halaman berikut disebut sebagai sutradara. Mungkin saja Si Woo adalah penulis skrip/produser merangkap sutradara, namun hal ini membingungkan pembaca.

Overall, novel bertema domestic romance ini menarik dan bikin penasaran sampai halaman terakhir.

quotes

Dalam hidupku, menikah itu hanya sekali. (hal. 11)

Kalau semua orang bisa menari hanya dengan mengingat langkah-langkahnya, di dunia ini tidak ada yang butuh guru tari. (hal. 86)

Keindahan tidak ada gunanya. Akan menghilang seiring waktu berlalu. (hal. 184)

Kau tidak bisa meminta seorang pria menikahimu. (hal. 199)

tidbits

* Novel ini sudah pernah dibuat serialnya dengan judul yang sama.
* Review serial K-Drama bisa diintip di sini

20130330-114838.jpg

Submitted for:

New Authors Reading Challenge here

chuseok

Memperingati perayaan Chuseok (info lebih lanjut baca di sini), ada hadiah berupa novel Korea + swag yang akan gue bagikan untuk pembaca setia blog Lust & Coffee. Caranya gampang banget:
1. Isi di kolom komentar tentang pendapatmu mengenai review novel 18 vs 29 ini.
2. Jangan lupa cantumkan nama, alamat email + akun Twitter di kolom komentar.
3. Dengan menulis minimal 1 komentar dari 5 review novel Korea, kamu mendapatkan 1 entry undian untuk memenangkan hadiah Chuseok Special Giveaway. Hitungannya 1 komentar = 1 entry; 2 komentar untuk 2 review berbeda = 2 entries, dst.
4. Jika kamu follow blog ini/twitter @yuska77/tweet mengenai giveaway ini, kamu mendapatkan extra entry.
5. Chuseok Giveaway berlangsung dari tanggal 12 September sampai 20 September 2013.
6. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 25 September 2013. Pemenang akan diundi via random.org

Best of luck🙂

20130330-114856.jpg

About lustandcoffee

A housewife, a mother, a passionate literati, a writer, a tea addict & occasional traveler. I also translate some articles for a business magazine. I'm a contributor for Writer's Magz Indonesia.

Posted on September 12, 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 26 Comments.

  1. iin ekawati markus

    reviewx ckup detail khas kak Yuska banget. kalimat pertamax bkin greget….! sperti penuturan kak Yuska, novel ini di isi dengan kisah cinta segi empat. bberapa adegan yang bisa dbilang konyol menambah antusias membaca. pernah baca review dari salah satu blogger juga, tpi gk sedetail pemaparan kak Yuska sih…

    hope soon can get more review….

    sukses buat reviewx kak..

    iin ekawati markus
    indahstewart@gmail.com
    @nila_adam

  2. Review yang baik, membuat saya tertarik dengan ending cerita ini =))
    Walau saya bukan penggemar korea, dan saya sulit untuk mengingat nama tokoh-tokohnya namun saya penasaran dengan jalan ceritanya.

    Yuni Ayu Amida
    @yuniamidong
    yuniayuamida@yahoo.com

  3. cerita cinta korea yang Happy Ending ;p bosen sih sama cerita korea yang sad-ending. Adekku sampe bilang gak bakalan mau baca novel yang tokohnya orang korea. Selaen nama-namanya mirip n bikin bingung, ceritanya gitu-gitu aja katanya. kalau aku sih belum pernah baca cerita novel korea sih ;p reviewnya bener-bener ngebantu ;p

    share: https://twitter.com/Dmigia/status/377996327876980736

    Ashtrie Karana Putrie
    @Dmigia
    shinigami_light @ ymail. com

  4. reviewnya keren abis kak, saya udah pernah liat k-dramanya, jadi pingin baca novelnya hihihi. Biasanya kalau baca novelnya, saya lebih dapet fellnya.

    share: https://twitter.com/MuryCraft/status/378012547334406144

    nama: Muryani
    email: naurahkida@gmail.com
    twitter: @MuryCraft

  5. reviewnya khas mba yuska, sistematis😀 sempet bingung ngikutin jalan ceritanya krn nama2 tokoh korea itu susah diinget, jadi aq bbrp kali scrolling ke atas, tetapi scr keseluruhan sih masih ketangkap koq. Btw knp memilih mbocorin endingnya mbak?🙂

    Dianita Rizkiani
    @dianitarizkiani
    princessofbelasting.dhee@gmail.com
    (sudah follow blognyaaa ^^)

  6. Reviewnya terkesan kayak curhat pribadi… hehehe… maaf, maksudnya penuturannya lebih santai. Nggak masalah jg, yg penting min+plus nya kelihatan.
    Aku udah pernah nonton K-Dramanya. Cukup gokil juga, dan bikin ngakak di beberapa adegan + bikin berkaca2 jg. intinya, dramanya lumayan jg. Tp, aku belum baca bukunya. Kemarin aku mau beli, tp g jad krn lebih tergiur novel lain.
    Semoga aja bisa baca krn bisa menang GA ini😀

    Dian. S
    @dianputuamijaya
    dian_putu26@yahoo.com

  7. Aku udah follow blognya di email dian.sagit4@gmail.com dan udah follow twitter jg.😀

  8. reviewnya bikin ngiler untuk baca, kemarin-kemarin pas ke tokbuk ada ngeliatin buku ini, tapi ragu2 buat beli hihihi jadi pengen nonton serialnya juga. Jujur deh mbaj, aku lebih senang baca novel korea yang ditulis langsung sama penulis asli korea daripada novel yang bersetting korea dan sok kekorea2an.. hehehe *just my opinion

    Cut Lilis Rusnata
    @liezniez_cut
    labilabi13@gmail.com

  9. wahaha another amnesia theme. sama ka, aku juga agak gimana ya sama novel-novel yang pake tema amnesia. tapi kebetulan aja, aku udah nonton duluan drama korea 18 vs 29 ini. Lucu kok. Asik lah buat ditonton. Kalau novelnya sih belum baca. Tapi kalau ka yuska ngasih tiga bintang, berarti novel ini lumayan menarik. reviewnya juga seperti khas ka yuska, detail dan asik.

    Ruth Munthe
    @ruthbookshelf
    ruthmunthe18@gmail.com

  10. Mbak Yuska, emang kenapa dengan novel yang mengambil tema amnesia?

    Saya justru lebih dulu nonton drama 18 vs 29 daripada baca bukunya, karena bukunya memang baru aja keluar *atau saya aja yang baru tahu, entahlah*😄

    Nonton K-dramanya dan terus kepincut sama Choi Siwon yang masih kyut di sana. Tapi entah kenapa, agak malas juga baca buku ini. Karena udah nonton kali ya? Tapi kalau saya menang GA ini, dikasih bukunya pasti ga nolak *rayu terselubung*

    Seperti biasa, review Mbak Yuska selalu mendetil. Semoga saya bisa bikin review seperti ini juga😀

  11. Aku suka banget K-dramanya. Lucu dan so sweet. Baca review-nya Kak yuska ini, aku jadi pengen coba baca bukunya juga.

  12. Udha pernah nonton versi dramanya tapi kurang greget😀 mungkin veri novelnya lebih keren ya?
    Komentar buat review-nya…. hmmm review-nya lucu, khas kak Yuska deh😀, apalagi ada gif Simon Cowell itu, huahahahah.

    nama: Ariansyah

    email: ariansyahabo@gmail.com

    twitter: @ariansyahABO

    share: https://twitter.com/ariansyahABO/status/378090518451744769

  13. Dari reviewnya keren. Aku suka banget baca novel. Belum pernah baca novel yang tokohnya amnesia. Jadi pengen baca:DD

    Share: https://mobile.twitter.com/raihanskr/status/378326144719675392?p=v

    Nama: Sekar Hanum Raihan
    Email: raihansekarhanum@yahoo.co.id
    Twitter: @raihanskr

  14. Sejujurya, aku baru tahu ada novel ini. Covernya unik ya, sangat merepresentasikan judulnya. Tema amnesia masih saja diangkat ke sebuah cerita ya. Jadi penasaran juga ama versi dramanya😀

    Aku suka reviewnya, rapi dan ada jarak antar paragraf jadi gak mudah lelah untuk membaca reviewnya. Plusnya itu kenapa pake ada Om Simon? :p

    Luckty Giyan Sukarno
    @lucktygs
    emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com

    URL Share:
    Twitter: https://twitter.com/lucktygs/status/378422095262146560
    Facebook: https://www.facebook.com/luckty/posts/10201897535660393
    Blog: http://catatanluckty.blogspot.com/2013/09/giveaway-18-vs-29-by-ji-su-hyun.html

    #TebarGaramKeberuntungan
    #MerapalJampiJampiBuntelan

    ƪ(˘⌣˘)┐ƪ(˘⌣˘)ʃ┌(˘⌣˘)ʃ

  15. Well, sebenarnya aku baru tahu novel korea itu bagus-bagus. pertama baca itu novel berjudul cheeky romance.. kebetulan banget ini review novel korea.. overall, tulisan ini bikin dobel penasaran sama novelnya.. meskipun temanya mainstream tp jalan ceritanya menarik…

    niki
    nikhii55@yahoo.com
    @nq_ss

  16. Bolak-balik ke Gramedia dan saya sering liat cover novel ini. Tapi saya pikir… jenuh kali ya baca novel tentang korea. Lalu saya menemukan pencerahan lewat review ini *halah*
    Yang perlu diketahui adalah saya nyaris aja senyum-senyum sendiri, waktu liat tulisan happy ending. Saya suka happy ending karena kesannya wow. Hehehe..
    Tapi, saya setuju tentang topik amnesia yang bikin mata pegel. Terlalu banyak yang mengangkat tema satu itu dalam bentuk cerita dan sinetron mungkin *jarang nonton TV*
    Tapi, saya sekali lagi senyum sendiri karena melihat ada tulisan kalau novel ini cukup menyenangkan untuk dinikmati.
    Well, saya berterima kasih sekali loh, karena tidak membocorkan adegan lebih tentang novelnya. Dan satu lagi! Saya suka sekali bisbol. Walaupun saya nggak ngerti apa-apa tentang bisbol. Tapi, bisbol itu kedengarannya seperti olahraga yang seksi dan berkelas. Hahaha😀
    Untuk reviewnya, supersekali karena sudah menggoda minat untuk membaca.

    Salam hangat,

    Nanda Febri
    @milo389
    febrifebruary03@gmail.com

  17. Sebenarnya, saya udah duluan menonton dramanya. Jadinya saat lihat buku ini di tokbuk, enggak begitu berminat buat beli hanya baca aja di tokbuk ^^;

    walaupun review yang dibuat panjang, entah kenapa saya tetap enjoy bacanya. Bahasa yang mbak gunakan juga mudah dipahami. Penuturan terhadap alur ceritanya, bikin enak dibaca. Adanya space tiap paragraf, tidak membuat reviewnya jadi padat ^^
    Penambahan gambar simon, bikin ketawa =))
    bacanya jadi terhibur.

    Delta Kenda Ramadita
    @DeltaYordani
    iam(dot)deltayordani(at)gmail(dot)com

  18. Reviewnya baguus, enak bacanya, kaya langsung ngomong gitu, lengkap juga sih mulai dari, cerita awal dapet novel ini dari mana, unboxing cerita novelnya, sampe quotesnya juga ada. Penasaran sih pengen baca 18 vs 29 apalagi udah dibuat serialnya.
    Hmhh aku juga sempet ngeluh sih dengan novel bertema amnesia kesannya mainstream banget

    @hanisutina2
    Hanisutina17@yahoo.com
    Hani Sutina

  19. Suka sama reviewnya !!

    Bagus , rapi banget .. jadi enak bacanya.
    Detail & lengkap menurutku …

    udah liat drama nya , jadi kepengen baca novelnya.

    lita andriana
    @Litaa_FAN
    yangchen85@yahoo.com

  20. 18 vs 29 mengingatkan aku sebuah film 13 going on 30 :)) tapi kan BEDA kalau ini tokoh ceweknya benar2 berada di umur 29 hanya ia kehilangan ingatannya dan masih merasa umur 18 tahun. Cerita tentang lupa ingatan sebenarnya juga sudah banyak difilmkan. Tapi kalau baca Reviewnya sepertinya cerita ini khas K-drama ringan, lucu dan konyol. Gak nyangka aja mbak Yuska juga penikmat cerita seperti ini, aku kira mbak sukanya romance dan novel2 yang “berat”😀

  21. aku malah baru tahu kalau ada novelnya yang terjemahan indonesia lho mbak
    dulu aku nonton drama ini jaman-jaman masih smp dan kepincut sama choi siwon yang masih unyu unyu
    dramanya sih lucu dan menghibur menurutku, tapi kalau novelnya aku belum baca,
    Kalau baca di review ini kelihatannya sama persis dengan di dramanya ya, mungkin cuma beberapa aja yang beda.
    Iyap, bisbol sering banget dipakai didrama-drama korea juga, drama terakhir yang ada bisbolnya i hear your voice kalau ga salah.

    Intan Ratnasari
    @_tantintun
    ymmot_in@hotmail.com

  22. Ila Aulia Rahmah

    Reviewnya mendetail tapi gak spoiler, GOOD JOB😉
    Awalnya sih sama sekali gag tertarik buat mbaca novel ini, apalagi di dukung dengan cover yang aku sukai (aku penganut judge book by the cover :D)
    Tapi, setelah mbaca review ini, jadi mulai pengen baca🙂
    Kalaupun gag sesuai harapanku, toh gag ada salahnya :))

    Share: https://twitter.com/ilaciouss/status/380339092019359744

    Nama: Ila Aulia Rahmah
    Twitter: @ilaciouss
    E-Mail: la_aulia97@yahoo.com

  23. Review kaka enak dbaca. Sesuai sama apa yang orang-orang butuhkan mengenai info buku yang mereka ingin tahu.
    Mulai dari sinopsis ceritanya sampai komentar kaka tentang bukunya. Ditambah lagi kaka juga nulis beberapa kesalahan-kesalahan kecil yang ditemui dalam novel tersebut.
    Ini yang orang-orang butuhkan dalam sebuah review novel

    Good Job ka😀

    Aulia Ratri
    @auliaaRatri
    aulian_rhatri@ymail.com

  24. aduhh kak, jujur aku gak terlalu memperhatiin karya-karya penerbit Mizan
    apalagi aku baru tau kalau Mizan juga nerbitin buku bertemakan Korea seperti ini

    tema-tema seperti buku ini yaitu Amnesia memang bukan hal baru di dunia pernovelan #halah
    tapi aku sedikit tertarik dengan ceritanya yang menceritakan perempuan berumur 29tahun yang hilang ingatan dan mengingat bahwa ia masih 18tahun
    itu yang membuat aku bertanya-tanya apa dia gak sadar dengan muka dia yang tentunya gak muda lagi? lalu apa perempuan ini gak punya keluarga selain adiknya yang bisa ngeyakinin dia kalau dia bener berumur 29 tahun? atau bisa juga dengan menunjukkan kartu identitasnya?

    lalu tentang K-dramanya aku juga belum pernah nonton hehe jd belum bisa kasih komentar apa-apa😀

    shyntia Hani Tiara Putri
    @tiaraaaaputri
    shyntia_hani@yahoo.com
    hani_shyntia@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: