#STPC Interview: Meet the Creator Christian Simamora @Gagasmedia

20130819-105102.jpg

CR

Senang banget pas tahu Bang Ino (sapaan akrab Christian Simamora) adalah penggagas serial STPC. Bang Ino dikenal sebagai penulis novel (Pillow Talk, Good Fight, dan yang terbaru All You Can Eat), juga editornya Gagasmedia. Ternyata banyak banget tidbits menarik di balik penggarapan serial STPC. Simak wawancara Lust & Coffee dengan Bang
Ino berikut^^

Q1

Mbak Windy Ariestanty mengusulkan proyek kerja sama dengan Bukune dalam bentuk seri novel bertema traveling. Masing-masing penerbit ditugaskan untuk come up dengan pengembangan masing-masing, ya mulai dari konsep cerita, ide cover+layout, dan sebagainya.

q2

It’s a challenge. Lagi pula, saat itu Gagas Duet sudah resmi berakhir, so practically saya butuh tantangan baru buat menambah semangat bekerja *tsah*. Dan selama meriset untuk STPC ini, alih-alih berkaca pada diri sendiri, saya memutar sudut pandang saja. Mencari tahu apa yang menjadi passion orang-orang saat traveling, pengalaman apa yang mereka dapatkan, dan kenangan macam apa yang dibawa kembali ke Indonesia. Semua itu saya jadikan kerangka konsep STPC versi GagasMedia.

Q3

Selain berdasarkan popularitas penulis di buku-buku sebelumnya, mereka dipilih berdasarkan ‘rasa’ yang saya inginkan berdasarkan negara yang ceritanya akan mereka tulis.

q4

Believe it or not, semua kota di STPC GagasMedia terinspirasi dari kotak sepatu. Biasanya kan suka ada tulisan ‘London-Paris-Tokyo-dst’. Saya memilih kota-kota itu sebagai setting untuk seri STPC GagasMedia.

q5

Personally, saya menyukai London. Ya karena warnanya, ya karena di situ tempat lahirnya Sherlock Holmes. Cover desainer favorit? Ya, Jeffri Fernando dong.

q6

Seattle. Kota itu punya potensi romantis yang luar biasa.

q7

Paris: Mystery

Bangkok: Pride

Roma: Nostalgia

London: Honesty

Melbourne: Reunion

Tokyo: Courage

q8

Marian Keyes. Dia adalah salah satu penulis yang saya akui teknik penulisannya. Lugas, witty, dan cerdas.

q9

Ada beberapa: S.C.H.O.O.L. (Seven Complicated Hours of Our Life), STPC season dua (minus Bukune), dua serial untuk pembaca dewasa (in progress), dan seri Heartbreakers yang di-create Michan.

q10

Setelah Tokyo, masih ada STPC lagi lhooo! Ditunggu ya.

Pasti kita tunggu kehadiran seri STPC Part Deux. Terima kasih banyak, Bang Ino, untuk interviewnya yang super fun!

Until next time ^^

20130725-125307.jpg

About lustandcoffee

A housewife, a mother, a passionate literati, a writer, a tea addict & occasional traveler. I also translate some articles for a business magazine. I'm a contributor for Writer's Magz Indonesia.

Posted on September 5, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 16 Comments.

  1. Woah lengkap sekali mbak interviewnya,
    dari author, editor, creator..
    ga sabar besok siapa lagi hehe😀
    Bang Ino ini salah satu penulis fav-ku😀

    Ternyata setelah Tokyo bakal ada lagi kota yang lain ya, aku kira bakal ending di Tokyo.
    Jadi penasaran negara apa selanjutnya STPC season 2, bakal ada berapa kota ya..
    Seoul masuk ngga ya?🙂
    Ngga sabar juga dengan proyek yang lain dari gagas terutama dua serial untuk pembaca dewasa😄

    @_tantintun

  2. WAHAAAAA…. senang sekali setelah tahu siapa dibalik penggagas STPC yang bisa bikin aku heboh sendiri. Gimana ya, rasanya kayak senengggg banget. Apalagi katanya Bang Ino *sok kenal* senang dengan Seatle. Sya juga loooohhh. suka benget sama kota ramai satau itu. Semoga nanti saya juga bisa kirim naskah ke Gagasmedia yaaa. hehehe

  3. This event are growing to become more engaging and interesting😀 even we meet the creator now😀 saya kira setelah sebelumnya dimulai dengan review novel Bangkok lalu authornya, kemudian editornya akan ada review plus interview penulis dari novel STPC lainnya; its quite a surprise to then meet the creator himself now 8Da but still am
    glad though…

    sebenarnya masih semacam penasaran nih soal rahasia dapurnya hahaha, juga tentang perbedaan dan penjelasan lebuh detil dari projek kerjasama ini. misalnya soal perbedaan STPC versi Gagas dari Bukune.

    semoga di post event STPC selanjutnya
    wawancaranya akan semakin informatif ya😀 begitu juga dengan review dan lainnya.

    sangat excited juga dengan possibility STPC 2 nya… please make Seoul and Hong Kong included, lalu dengan tema Keluarga yg lain juga kalau bisa :Da #plak atau saya bikin sendiri deh hehehehe

    Terimakasih banyak :Da Semoga sukses ></

    Khairisa R.P
    reddishdelight@yahoo.co.id
    @rd_lite

    • Terima kasih sudah mampir ke blog ini. Terima kasih juga untuk masukannya. Semoga untuk kedepannya event di blog ini bisa lebih baik.

      Saya teruska ke pihak Gagas dan Bukune ya usulannya ^^

      Sent from my iPad

  4. iin ekawati markus

    tambah luas pengetahuannya mengenai proyek gagas+bukune… STPC udah show up banget ke kita tentang kota-kota indah di belahan bumi. setuju sama mas christian. aku juga pilih Seattle. krn diseattle ada space needle yg lantainya bisa bergerak plus bkin suasanax romantic

    sukses terus buat kak Yuska
    Iin ekawati markus
    @nila_adam
    indahstewart@gmail.com

  5. waahh nggak nyangka ternyata gagas duet sama stpc itu ide dari bang ino. Salut deh sama bang ino yg merangkap creator, editor, dan penulis ini. Ditunggu serial s.c.h.o.o.l sama stpc seri 2 nyaaa!!😀

    Ruth Munthe
    @ruthmunthe
    munthe.ruth@gmail.com

  6. bang ino keren!! sebelumnya udah pernah baca interview bang ino sebagai penulis. dari sini aku bisa tahu sisi bang ino sebagai editor😀 good interview mbak!😀

  7. Uwowwww….ada Bang Ino ƪ(♥▿♥)ʃƪ(♥▿♥)ʃƪ(♥▿♥)ʃ

    Aku belum baca satupun serial #STPC nihhh… ( ʃ⌣ƪ) #PustakawanMacamApaIni

  8. nggak sabar baca seri School dan ditunggu banget dua serial untuk pembaca dewasanya *udah 17+* :p

  9. Waaa, baru tauuu. Keren interviunya, Mbak. Sejak tuntas baca AYCE, aku jadi pengen baca novel2 Bang Ino yg sebelumnya, en nungguin novel barunya keluar jg. Penasaran. Ehehe. itu novel2 projek baru Bang Ino sendiri ato Bang Ino sebagai penggagasnya dan nanti penulisnya lain2?

  10. ternyata ini orang yang telah berjasa membuat seri stpc.

    aku pengen baca ayce & ditunggu novel terbarunya yaa.

    lita
    @Litaa_FAN
    yangchen85@yahoo.com

  11. aduh, novel dewasa? xD bang ino sekali ituuu. hahaa =))
    emang ya, ide itu bisa datang dari mana saja. Bang ino saja mendapatkannya dari kotak sepatu =))

  12. Percaya atau nggak, buku-buku Gagas yang masuk ke rak favorit saya, pasti hasil editan Bang Ino.

    Rasanya, Abang bisa menemukan ‘sesuatu’ yang tak lazim dari sebuah karya. Menghadirkan ‘sesuatu’ yang juga tak lazim. Hal-hal yang cenderung tidak lazim ini memang kerap menarik perhatian saya:D

    Ternyata, Abang salah satu creator STPC. Menarik, apalagi mengetahui Abang tidak suka traveling, beda dengan Mbak W. Tapi tentunya rasa dari editor senior tidak bisa dihilangkan. Betapa orang-orang seperti Abang dan Mbak W mampu meramu sebuah ide, menemukan sebuah ide, memperbaiki sebuah ide, yang kesemuanya sederhana, menjadi ‘wah’ di mata pembaca.

    Salut banget sama Abang!
    Salut juga sama Mbak Yuska yang sebegini niatnya untuk menggali seluk-beluk seri STPC. Rock, Mbak Yuska!

    Sukses buat kalian berdua:)

    Natasha Adelina
    @natashey
    natasha.adelina@gmail.com

  13. Bang Inoo kereen..
    kagum banget sama penulis yang satu ini. Bukan cuma novel2nya yang selalu keren, tapi namanya yang selalu nongol di novel-novel Gagas favorit aku bikin aku salut sama kemampuannya dalam dunia literasi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: