15 Day Book Blogging Challenge Day 1: Confessions

Dapat challenge ini dari blognya April dan sepertinya ngeblog nonstop 15 hari itu sangat menantang.

20130716-054054.jpg

Ada 15 pertanyaan yang harus dijawab dalam waktu 15 hari.

Pertanyaan hari pertama adalah:

Buat 15 pengakuan (dosa) yang berhubungan dengan buku

1. Gue memiliki OCD akut dalam mengoleksi buku. Gue suka mengumpulkan seri yang ‘sejajar’, misalnya: kalau gue punya buku pertamanya dalam bahasa Inggris, maka gue akan mengumpulkan sisanya dalam bahasa Inggris. Begitu sebaliknya. Makanya kalau ada koleksi buku seri yang belang-belang rasanya gatel banget pengin menyeragamkan.

2. Gue suka menyampul buku dengan plastik, namun tidak semua bisa disampul karena keterbatasan waktu. Hanya buku yang benar-benar ingin gue koleksi yang gue sampul. Buku-buku yang alan dijual/diswap tidak disampul.

3. Gue juga suka mengumpulkan seri yang covernya sepadan. Suka gregetan kalau dapat cover movie tie-in karena sebenernya kurang suka. Tapi apa mau dikata jika ada sale dan yang tersedia cover yang itu.

4. Dalam membeli sebuah buku, akhir-akhir ini, gue tidak terlalu memikirkan terjemahan atau bahasa Inggrisnya. Yang mana yang lebih murah, biasanya itu yang gue ambil. Alasan ekonomis aja sih. Tapi, memang lebih suka kalau dapat versi bahasa Inggrisnya.

5. Gue gampang tergoda dengan kata ‘sale’. Nggak bakal kuat iman kalau ada info ‘sale’ buku. Biasanya gue sangat enggan menitip oleh-oleh sama teman kalau ke luar negeri. Tapi, demi buku diskonan, urat malu disembunyikan dulu (thanks ya untuk teman-teman yang rela direpotin dengan titipan buku gue. God bless you)

6. Gue tidak akan bisa tidur dengan nyenyak sebelum membaca buku lebih dulu. Biasanya gue baca buku fisik pagi/siang/sore. Malam hari ketika lampu kamar sudah padam, gue baca ebook dari tablet. Atau kalau lagi seru banget baca buku fisikk terpaksa gue ngacir ke kamar atas, setelah AJ bobo tentunya🙂

7. Gue juga gampang tergoda dengan rekomendasi teman (kecuali genrenya bukan kesukaan gue). Bayangin aja, kalau sebulan 5 orang teman kasih rekomendasu bacaan bagus, maka gue bakal beli setidaknya 5 buku itu. Errrr… (kekepin dompet)

8. OCD gue yang lain adalah membaca buku secara berurutan walau tidak ada keterkaitan. Misalnya: bukunya John Grisham. Cuma serial STPC aja yang ‘loncat’ karena napsu banget baca Bangkok.

9. Karena gue suka mengumpulkan buku serial tanpa tahu buku itu Ok atau tidak, maka setelah semua terkumpul dan kemudian gue membaca buku pertamanya, lalu kecewa, dengan terpaksa gue habiskan semua serialnya. Walau nggak suka-suka amat (seperti serial Miss B-nya Fira Basuki yang serba nanggung itu), gue pasti baca tapi nggak tahu kapan selesainya. Hal ini menyebabkan rak gue makin sempit, juga timbunan bertambah tinggi >.<

10. Gue sering terkena ‘book hangover’, alias sulit move on ke buku/tema baru kalau tema sebelumnya nancep. Kayak waktu selesai baca ‘The Boy in the Striped Pyjamas’, gue lama banget hangover-nya sampai baca 4 buku bertema Holocaust secara berurutan. Bahkan gue masih mencari buku-buku bertema Holocaust (baik fiksi mau pun non fiksi), juga film bertema holocaust.

11. Gue belum pernah baca serial Harry Potter dan LoTR, karena takut ngos-ngosan bacanya. But one day I will.

12. Seringkali gue tertarik untuk membaca suatu buku karena menonton film/serial TVnya lebih dulu. Misalnya: ‘Beastly’ dan ‘Pretty Little Liars’.

13. Gue tidak bisa membaca di tempar berisik. Konsentrasi gue gampang terpecah. Yang ada, gue ngulang-ngulang halaman yang sama dan malah jadi tambah lama bacanya.

14. Gue sangat suka hunting buku ke tempat buku bekas. Mendapatkan buku out of print dengan harga murah itu suatu pencapaian yang luar biasa😀

15. Gue punya kecenderungan membaca buku lama duku dan tidak terlalu terpengaruh ‘trend’ baca buku baru. Beberapa tahun kemudian, saat buku tersebut sulit dicari, baru gue kebat-kebit nyarinya.

Yang mau ikutan ’15 Day Book Blogging Challenge’ bisa klik blognya April dan tinggalkan link postinganmu di sana.

Happy Tuesday!

20130716-060442.jpg

About lustandcoffee

A housewife, a mother, a passionate literati, a writer, a tea addict & occasional traveler. I also translate some articles for a business magazine. I'm a contributor for Writer's Magz Indonesia.

Posted on July 16, 2013, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. Ahhhh challengenya seruuuu..pingin ikutan tp lg hectic, mungkin ga bs tiap hari..hmmm kurleb pengakuannya sama kayak gw yus hihi soal OCD cover itu juga gw ngalamin bangeeet ;p trus pinginnya bc buku urutan meski bukan serial😀

  2. poin 15 tuh pas banget sama aku, kak,, hahah😀

  3. Aku juga belom pernah baca LoTR, tapi setelah baca Hobbit jadi pengen baca. Kalo Harpot mah wajib baca tuh! Hehehe.

    • Hahaha, kudu wajib nabung untuk beli boxsetnys nih. Kalo HarPot aku udah ngincer yang di bookdepo. Jauh lebih murah drpd boxset terjemahan. Thank you untuk sharingannya ^^

      Sent from my iPad

  1. Pingback: 15 Day Book Blogging Challenge Day 11: 5 Best Posts | lustandcoffee

Leave a Reply

