Top 10 Summer Reads by Ifnur Hikmah

Top10

Masih seputar TOP 10 Books, kali ini gue berhasil memaksa Ifnur Hikmah untuk sharing buku-buku rekomendasinya untuk bacaan liburan ini.

iif

Iif, begitu ia dipanggil, adalah seorang penulis fiksi yang sudah merilis puluhan antologi dan satu novel kolaborasi bersama Aditia Yudis, Mendamba.

Selain menulis dan sibuk liputan, Iif juga maniak baca. Gue tahu banget soalnya obrolan kita memang kebanyakan seputar buku, selain hot gossips, tentunya🙂

Here’s Iif’s Top 10 Summer Reads:

1. The Silmarillion by JRR Tolkien. Edited by Christopher Tolkien. Illustrated by Ted Nasmith
As a biggest fan of Tolkien (my Middle-earth name is Idril Celebrindal, son of Turgon from House of Finwe, High King of N0ldor), The Silmarillion semacam kitab suci. Buku ini lumayan berat, nggak bisa selesai dalam sekali duduk. The Silmarillion lebih kompleks daripada The Lord of The Rings, apalagi The Hobbit karena berisi tentang sejarah penciptaan Arda hingga akhir Second Age. Banyak plot hole di The Hobbit dan The Lord Of The Rings yang ditemukan jawabannya di sini. Buku ini diterbitkan setelah Prof Tolkien meninggal oleh putranya, Christopher Tolkien, yang membongkar manuskrip sang ayah. Buku yang gue punya dilengkapi oleh ilustrasi dari Ted Nasmith, salah satu Tolkien artist favorit gue sehingga isi buku lebih dramatis. Gue membaca buku ini nggak berurutan, tergantung lagi mau mengikuti kisah siapa. Favorit gue: Of Feanor and the Unchaining of Melkor, Of Fifth Battle: Nirnaeth Arnoediad, Of Turin Turambar (depresi gue baca ini dan sedih banget) and of course, kisah kehancuran kerajaan gue; Of Tuor and The Fall of Gondolin (Tuor is Idril’s Husband and Gondolin is one of the great kingdoms at First Age di bawah kepemimpinan King Turgon, son of Fingolfin son of Finwe, Idril’s father).

2. Devil Wears Prada by Lauren Weisberger
Gue berniat membaca ulang novel ini sebagai antisipasi terbitnya sekuel, Revenge Wears Prada, yang gosipnya akan terbit Juni ini. Selain itu, sebelum ini gue baca versi terjemahan dan ternyata gue lebih suka versi Inggris setelah membaca buku Lauren yang lain: Chasing Harry Winstone dan Last Night At Chateau Marmont. Lauren is one of my favourite. Gue suka detail yang dihadirkan Lauren, juga gemerlap kehidupan New Yorker. Semua unsur chicklit ada di buku-buku Lauren. Lovable hero and heroine, fabulous sidekick, the bitch, cheesy conflict, witty, fun, and so girly. Dan siapa sih yang nggak tahu tentang kisah Andrea Sach di majalah Runway bersama The Devil, Miranda Priestly?

3. The Look by Sophia Bennett
Buku ini bercerita tentang Ted Trout yang tinggi kurus dan nggak pede karena suka diejek teman-temannya sebagai si Raksasa hanya karena tubuhnya yang tinggi dan alisnya yang menyatu di pangkal hidung. Juga, punya kakak yang secantik Elizabeth Taylor tapi berjuang melawan kanker. Dan, siapa sangka Ted ditawari jadi model. Lalu, kehidupan Ted berubah. Glamour dunia model di balik kisah teenlit, fresh.

4. LA Candy by Lauren Conrad
Iya, Lauren Conrad yang ratu reality show sebelum Kardashians Family memenuhi semua kolom gosip. Ceritanya juga nggak jauh-jauh dari reality show. Tentang Jane Roberts yang datang ke LA dan bekerja di salah satu EO lalu di-casting untuk ikut reality show LA Candy yang bercerita tentang kesehariannya bersama tiga orang lainnya. The Hills banget kan? Yup. Dan selama membaca, gue nggak bisa nggak ngebandingin tokoh-tokoh di LA Candy dengan tokoh-tokoh di The Hills. Tapi ceritanya seru dan serasa nonton The Hills beneran.

5. Mahogany Hills by Tia Widiarini
Novel juara pertama Lomba Menulis Novel Amore yang diadakan Gramedia. Posisi sebagai juara satu cukup mampu membuat gue melirik novel ini. Kesan? A lil bit like Harlequin and Nora Roberts at the same time.

6. Restart by Nina Ardianti
Selama ini gue baru membaca cerpen Meet Cute di blog Nina and I am falling in love with her writing. Lugas. Witty. Dan… Nina yang hopeless romantic memang cocok sama gue. Recommended.

7. Travel In Love by Diego Christian

Di luar sana, Summer is holiday. Dan holiday bagusnya ya diisi sama traveling. Membaca buku ini serasa jalan-jalan ke sepuluh kota, bersama Paras dan Jatayu yang ingin mengobati patah hati mereka. Seru.

8. Vision In White (Bride Quartet 31) by Nora Roberts
Gue bukan penggemar berat Nora Roberts dan nggak terlalu banyak membaca buku dia. Tapi, ketika baca review Bride Quartet, gue langsung tertarik. Akhirnya gue beli buku ini, seri pertama dari Bride Quartet. Versi Inggris karena terjemahannya baru satu dan gue males nunggu terjemahan yang lain hehe. Belum bisa komentar karena belum baca, tapi sebagai bacaan ringan tentang empat sahabat yang punya sebuah wedding organizer, bercerita tentang persahabatan dan cinta mereka masing-masing, well I think I’m gonna falling in love with Bride Quartet.

9. I Heart New York by Lindsey Kelk
Ini juga belum gue baca. Tertarik karena review. I Heart New York merupakan seri pertama dari I Heart Series (New York, Hollywood, Paris, Las Vegas, and London). Bercerita tentang Angela yang patah hati dan kabur ke New York untuk tinggal di sana. And… aw… meet cute. Cukup menjadi alasan kenapa gue penasaran mau membaca buku ini.

10. Seraphina by Rachel Hartman

Ketika gue semakin kelimpungan dengan kadar hopeless romantic yang kian tinggi, gue ingin meminimalisir kegilaan itu, dan caranya adalah dengan membaca buku fantasi. Thanks to Gramedia yang menerjemahkan serial fantasi terbaru, Seraphina. NAGA! Haha. Genrenya sendiri Young Adult. Uniknya, tokoh utamanya, Seraphina, seorang penyanyi yang punya naga. Menurut penerjemahnya yang kebetulan gue kenal di grup Eorlingas (pecinta Tolkien di Indonesia) buku ini worth to read. Terbit akhir Mei.

Thanks banget, If, untuk sharingannya.

What’s your TOP 10 Summer reads?

20130330-114856.jpg

About lustandcoffee

A housewife, a mother, a passionate literati, a writer, a tea addict & occasional traveler. I also translate some articles for a business magazine. I'm a contributor for Writer's Magz Indonesia.

Posted on June 10, 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Nice list!🙂

  1. Pingback: Bookish Top Ten: a New Meme | lustandcoffee

Leave a Reply

