[Book Review] Larasati by Pramoedya Ananta Toer

posting bareng BBI 2014

http://lustandcoffee.files.wordpress.com/2013/06/book_info.jpg?w=604

20140225-043207.jpg

Judul: Larasati

Penulis: Pramoedya Ananta Toer

Penerbit: Hasta Mitra

Terbit: Juli 2000, cetakan kedua

Tebal: 178 halaman

Kategori: Novel Fiksi

Genre: Historical Fiction, Classics, Sastra Indonesia
Beli di: pinjam punya almarhum mertua
Harga: Rp. 23,000

Kalimat pembuka:
Setelah mendapat tempat di pojok, kapten itu mendekatkan bibirnya pada kupingnya, berbisik perlahan penuh perasaan “Aku memang banyak bersalah, Ara,” ia tak begitu yakin akan suaranya.

book_blurb

LARASATI – sebuah roman revolusi semasa perjuangan bersenjata 1945-1950. Kisah tentang pemuda-pemuda Indonesia yang rela membaktikan jiwa raga demi proklamasi kemerdekaan, kisah-kisah tentang para pahlawan sejati dan pahlawan munafik, pertarungan di daerah republik dan daerah pendudukan Belanda – antara yang setia dan yang menyeberang, antara uang ORI dan uang Nica, dengan wanita sebagai tokoh utama – bintang film tenar yang dengan caranya sendiri memberikan diri dan segalanya untuk kemenangan revolusi. Potret revolusi semasa yang menghidupkan kembali sepenggal sejarah di tahun-tahun awal proklamasi kemerdekaan, sebuah potret jujur gaya Pramoedya tentang kebesaran dan kekerdilan, kekuatan dan kelemahan revolusi. Sebuah fiksi yang menghanyutkan kita seakan menghayati kembali suatu dokumentasi non fiksi Indonesia semasa romantika pertempuran berkecamuk di “jaman bersiap!”

thoughts

Lega banget bisa menyelesaikan Larasati dalam dua hari. Saya pikir saya nggak bakal sanggup menyelesaikan novel ini.

Larasati merupakan buku karya Pram kedua yang saya baca. Sebelumnya, saya pernah membaca Dongeng Calon Arang yang saya baca waktu kuliah dalqm bahasa Inggris. Jadi, saya cukup terkejut dengan gaya bahasa Pram.

Larasati bercerita tentang perempuan bernama Larasati (dipanggil Ara), seorang bintang panggung yang kemudian menjadi bintang film ternama, yang harus pergi meninggalkan Yogya ke Jakarta dengan kereta. Saat itu paska kemerdekaan, di mana kondisi politik tak menentu karena Belanda yang ditunggangi sekutu datang kembali ke Indonesia, menduduki beberapa tempat, dan melakukan agresi militer melawan tentara pemuda independen.

Ara yang terbiasa lari dari satu pelukan pria ke pelukan pria lain akhirnya sampai ke Jakarta, bertemu dengan pejabat inlander, kolonel Belanda, dan kenalannya, Mardjohan, yang sudah naik pangkat menjadi sutradara. Ara diminta untuk membintangi film dokumenter tentang pengungsian. Tak sudi menjadi anjing Belanda, Ara kabur ke rumah ibunya, Lasmidjah, yang bekerja sebagai babu di rumah orang Arab. Sersan supir NICA yang membantu Ara melarikan diri.

Ara bertemu dengan pemimpin pemuda di kampung itu. Bersama-sama mereka melakukan penyerangan terhadap pasukan NICA yang suka membunuhi pemuda Republik.

Saya sempat kebosanan membaca buku ini, terutama di bagian awal. Saya juga masih meraba gaya bahasa Pram. Terus terang, saya jarang membaca sastra, apalagi sastra jadul. Ternyata saya dibuat puyeng dengan tat bahasa jadul yang seenaknya. Dalam satu kalimat/paragraf, sah-sah saja memuat 2 POV yang berbeda tanpa adanya tanda baca berarti. Seperti ini misalnya:

Tapi ia berjanji dalam hatinya, tidak bakal aku main untuk propaganda Belanda, untuk maksud-maksud yang memusuhi Revolusi. (hal. 2)

Kini mendadak saja ia merasa lapar. Aku mesti berbuat apa sekarang? Di rumah ini tidak ada makanan. Tidak ada orang selain aku. Ia turun dari ambin ke luar, di beranda duduk nenek yang kemarin. (hal. 112)

Syukurlah, seiring perkembangan zaman, EYD juga semakin disempurnakan. Kalau sampai hari ini aturan penulisan boleh seperti itu, saya mungkin akan jambak-jambak rambut orang yang ada di sebelah saya setiap kali baca buku.

Dalam buku ini juga terlihat jelas Pram sangat benci dengan pemerintah boneka. Beliau menuliskan, orang-orang yang berpura-pura revolusioner terlihat seperti banteng dungkul. Perundingan-perundingan di Belanda semakin menunjukkan kelembekan mereka.

Saya kurang paham politik dan tidak terlalu mengerti politik. Namun, buku ini membuka pandangan saya tentang masa-masa paska kemerdekaan, di mana rakyat semakin menderita dan miskin. Dari dulu hingga kini, banyak pejabat yang mencuri dari rakyat sehingga keadilan tidak dapat ditegakkan.

Buku ini lebih cocok dibaca menjelang hari kemerdekaan di bulan Agustus karena bisa membangkitkan rasa kebangsaan. Tapi, dari sisi emosi, saya tidak tergerak atau bersimpati pada Ara walau ia ikut berjuang dengan laskar pemuda. Hubungan Ara dengan prianya, pemimpin laskar pemuda, atau ibunya tidak membuat saya tersentuh. Seperti kurang greget, entahlah. Mungkin buku lain Pram bisa menggugah emosi.

Saya penasaran dengan tetralogi Buru. Moga-moga masih mudah untuk dicari.

quotes

Barangsiapa kurang dendamnya akan lebih takutnya. (hal. 112)

Setiap pejuang harus selalu bersedia untuk kalah. (hal. 152)

20140225-050101.jpg

Until next time

20131128-083529.jpg

About lustandcoffee

A housewife, a mother, a passionate literati, a writer, a tea addict & occasional traveler. I also translate some articles for a business magazine. I'm a contributor for Writer's Magz Indonesia.

Posted on February 27, 2014, in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. nice share, mbak!

    bahasa sastra terkadang memang bikin rambut makin keriting bin rontok karena sering di kucek-kucek dan di jambak. hahaa tapi saya suka =D

    saya belum baca buku pram sama sekali, padahal kakak, abang dan teman-teman saya sudah menyarankan saya untuk baca buku pram sesering yang mereka bisa, karena katanya bagus. (tapi menurut saya berat ._.)

    review dari mbak mengingatkan saya lagi dengan ‘perintah’ mereka untuk membaca buku pram. mungkin sudah waktunya saya membaca buku Gadis Pantai yang tergelatak tak berdaya di meja belajar, kali ya? hahaha :D

  2. Hahahaha, terima kasih ya udah mampir kemari. Aku tuh maju mundur tiap mau baca buku lama, tapi kalo ga dimulai ya ga mulai-mulai.

    Katanya Gadis Pantai bagus. Selamat membaca karya Pram.

  3. covernya beda dengan yang dibaca Mbak Maria yah. em.. kayaknya jarang ada yang mbahas keadaan rakyat indonesia setelah kemerdekaan, jadi pingin baca buku ini

  4. aku juga g sanggup kalo baca buku dengan bahasa jaman dulu, malah tambah pusing karena temanya aja udah berat XD

  5. Aku malah baru tahu cover versi punya Mbak Yuska, yang punyaku cover versi Mbak Maria… :D

    @lucktygs

    http://luckty.wordpress.com/2014/02/27/review-the-jacatra-secret/

  6. @Alvina: iya, kayaknya jarang novel yang bahas paska kemerdekaan.
    @Sulis: wuahahaha, ini aku juga pas baca pengen jambak-jambak rambut tetangga
    @Luckty: Cover yang satu lebih baguuuuus. Yang ini jujur aja nggak menarik x_x

  7. aku cukup ketinggalan kalau membahas pram XD baru baca satu bukunya dan nggak yg ngefans banget. pernah punya buku ini tapi malah aku hibahkan karna rada males bacanya hihi…btw keren yus, almarhum mertua koleksinya :)

  8. Hohoho, sastra jadul malah seru kalau dibaca, tapi kalau diterapkan di masa sekarang mah bikin gemes dan enggak nyambung.
    Orang jaman dulu yang kepinteran kayaknya, sekarang kan jaman praktis :P

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,524 other followers

